Indonesia Butuh Tokoh Teladan Berkepribadian Pancasila

id pancasila

Indonesia Butuh Tokoh Teladan Berkepribadian Pancasila

Anggota MPR RI Hermanto saat Sosialisasi empat pilar di Padang. Antara Sumbar/istimewa.

Padang, (Antaranews Sumbar)- Anggota MPR RI Hermanto menegaskan, Pancasila jangan hanya diperdebatkan karena yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini adalah tokoh teladan berkepribadian Pancasila yang istiqomah dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara belakangan ini sarat dipengaruhi oleh globalisasi yang menggerus budaya bangsa. Dalam kondisi ini dibutuhkan tokoh yang kuat integritas kebangsaannya", papar Hermanto dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di Padang, Kamis.

Hadir dalam kegiatan ini sekitar 150 orang yang berasal dari perwakilan kelompok tani, nelayan dan tokoh masyarakat dari perkumpulan PPNSI, KTNA dan HNSI Sumatera Barat.

Lebih jauh Hermanto memaparkan urgensi tokoh teladan yang mencerminkan pribadi Pancasila di tengah maraknya ujaran kebencian ditengah masyarakat.

"Saat ini kebutuhan tokoh teladan sangat mendesak sehingga Pancasila benar-benar terwujud dalam masyarakat demi menjaga kesatuan dan persatuan bangsa," ujar Anggota FPKS MPR RI ini.

Persatuan dan kesatuan, lanjutnya, penting karena fakta sosiologis, historis, demografis dan geografis Indonesia yang memiliki keragaman dan banyak pulau.

"Kohesifitas dalam kebhinnekaan perlu dijaga sehingga pembangunan Indonesia dapat berjalan dan keadilan sosial bagi masyarakat bisa terwujud," ucapnya.

Pemimpin bangsa, tambahnya, sudah saatnya menunjukkan kenegarawanannya dan tidak mengurusi remeh temeh yang bersifat sesaat.

"Sudah saatnya menjadikan Pancasila sebagai nilai yang hidup, tumbuh dan berkembang. Bersifat final dan permanen," ujar legislator dari Dapil Sumbar I ini.