Tiga pelajar asal Pesisir Selatan ikut perkemahan yang digelar LIPI

id perkemahan ilmiah,perkemahan nasional,pelajar pessel ikut perkemahan lipi

Tiga pelajar asal Pesisir Selatan ikut perkemahan yang digelar LIPI

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama tiga pelajar SMAN 1 Painan yang akan mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional di Purbalingga, Jawa Tengah. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak tiga pelajar SMAN 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Juli 8-15 di Purbalingga, Jawa Tengah.

"Kepastian mengikuti perkemahan kami dapatkan usai melakukan pendaftaran secara online," kata seorang pelajar SMAN 1 Painan, Sheila Saviera di Painan, Rabu.

Ia menambahkan, selain mereka juga terdapat pelajar lain di Sumatera Barat yang mengikuti kegiatan serupa yaitu pelajar dari SMAN 2 Payakumbuh dan SMPN 2 Bukittinggi.

"Kami cukup bangga bisa mengikutinya karena hanya pelajar dari tiga sekolah di Sumatera Barat yang mendapat kesempatan," ungkapnya.

Ia menjelaskan pada perkemahan itu, para pelajar akan dibekali tata cara membuat karya ilmiah yang menarik dan bermanfaat. Bahkan jika diantara pelajar dinilai berhasil melahirkan karya ilmiah yang bagus pada kesempatan itu LIPI langsung memberikan penghargaan.

"Mudah-mudahan satu dari kami berkesempatan untuk meraih penghargaan dari LIPI itu," sebutnya.

Selain mendapat dukungan dari sekolahnya, ketiga pelajar juga mendapatkan dukungan dari Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

Dukungan itu diutarakan Hendrajoni ketika ketiga pelajar menyambangi dirinya saat sedang mengawasi pembangunan gedung pemerintah di Painan.

"Ajang ini sangat baik untuk pelajar, semoga mereka mendapat pengalaman yang baik selama mengikuti perkemahan dan pastinya ilmu-ilmu yang didapatkan bisa mereka aplikasikan serta dibagi ke teman-teman sejawatnya," ujar Bupati.

Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan LIPI setiap tahunnya.

Perkemahan tersebut merupakan kegiatan ilmiah dengan praktik lapangan terbuka, dan berorientasi pada penelitian dengan cakupannya ialah bidang ilmu pengetahuan sosial, alam dan teknik (teknik rekayasa) bagi pelajar setingkat SMP dan SMA.

Melalui kegiatan itu diharapkan minat meneliti di kalangan generasi muda meningkat dan diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari terhadap masalah-masalah di lingkungan sekitar. (*)