Satu korban di Batang Lembang Solok berhasil dievakuasi

id Korban Hanyut di Solok,Batang Lembang

Pencarian korban hanyut di sungai Batang Lembang. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat, kembali mengevakuasi satu korban hanyut di sungai Batang Lembang, Fatih (8), dalam keadaan meninggal dunia pada Selasa sekitar pukul 07.10 WIB.

"Korban Fatih ditemukan sekitar dua kilometer dari lokasi mandi mereka," kata Kepala BPBD Kabupaten Solok, Dasril diwakili Kasi Bidang Kedaruratan dan Logistik, Bardiansyah di Koto Baru, Selasa.

Fatih yang merupakan sepupu korban Widya (23) yang turut hanyut terbawa arus di kawasan Sawah Kajai, Kotobaru, Minggu Sore (13/5) akhirnya ditemukan. Fatih ditemukan tak jauh dari lokasi penemuan korban pertama atas nama Widya, sekitar 100 meter.

Tim SAR gabungan dari BPBD, Basarnas, Tagana, relawan bencana, dan masyarakat langsung mengevakuasi korban ke Rumah sakit terdekat untuk divisum.

Menurutnya, penemuan jasad Fatih yang tak jauh dari penemuan korban Widya karena dampak bertambahnya debet air pasca hujan di hulu sungai pada Senin (14/5). Sehingga secara tidak langsung, mendorong korban ke permukaan.

Padahal, sepanjang hari kemarin, lokasi ditemukannya korban sudah sering disisir oleh tim SAR gabungan yang tidak hanya memantau dari perahu tapi turut turun ke sungai sambil memeriksa kemungkinan keberadaan korban.

Hari ini, tim SAR gabungan dengan 90 orang personel dibantu masyarakat akan kembali melakukan pencarian satu orang korban lagi atas nama Habib.

Tim akan kembali menyisir sepanjang lokasi mulai dari tempat kejadian hingga lokasi sekitarnya sekitar tiga kilometer dari TKP dengan sistem penyisiran hulu kiri kanan sungai.

"Kami bersama tim gabungan dibagi tiga kelompok dengan enam perahu akan fokuskan pencarian di Sawah Pasie dan Lapangan Tarandam, Koto Baru," katanya.

Ia menyebutkan sesuai SOP pencarian akan dilakukan selama tujuh hari, dan setiap harinya sampai pukul 18.00 WIB. "Tapi, jika satu lagi korban ditemukan warga ketika malam, pasti akan dievakuasi segera," ujarnya.

Sebelumnya, tiga orang warga dikabarkan hanyut di aliran Batang Lembang ketika tengah mandi di kawasan Sawah Kajai, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Minggu (13/5).

Ketiga korban yang hanyut diantaranya Widya (23), Habib (24) dan Fatih (8) asal Kotobaru, Kabupaten Solok. Ketiganya diinformasikan hanyut sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB.

Malamnya, sekitar pukul 20.00 WIB, satu dari tiga orang korban hanyut yang disapu arus air, Widya (23) ditemukan di kawasan Sawah Pasie. Korban ditemukan oleh tim gabungan bersama masyarakat.

"Tinggal satu orang lagi, korban Habib (24) mudah-mudah segera ditemukan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar