Legislator inginkan dokter spesialis sampai ke daerah pelosok (video)

id M Iqbal,Dokter Spesialis,GERMAS

Legislator inginkan dokter spesialis sampai ke daerah pelosok (video)

Anggota DPR RI, Muhammad Iqbal didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan, Yuyun Widyaningsih, menandatangani komitmen pelaksanaan Germas di aula SMKN 1 Tanjungraya, Kabupaten Agam, Rabu (9/5) (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Anggota Komisi IX DPR-RI Muhammad Iqbal berharap Kementerian Kesehatan untuk menempatkan dokter spesialis ke daerah pelosok dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Pemerataan dokter spesialis ini harus dilakukan, agar tidak terkumpul di pusat pemerintahan provinsi dan kota besar," katanya saat sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di aula SMKN 1 Tanjungraya, Kabupaten Agam, Rabu.

Saat ini, kata politisi Partai Persatuan pembangunan, dokter spesialis jantung, penyakit dalam dan lainnya masih kurang disejumlah kabupaten dan kota di Indonesia, termasuk Kabupaten Agam.

Dengan kekurangan itu, keluarga pasien kebingungan untuk memberikan pertolongan kepada keluarganya saat mengidap penyakit jantung, penyakit dalam dan lainnya.

Pasien harus di rujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) atau rumah sakit yang ada di pusat pemerintahan dengan jarak tempuh ratusan kilometer.

"Apabila dokter spesialis ini sudah lengkap, warga tidak kebingungan dan pasien tidak butuh dirujuk," katanya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan, Yuyun Widyaningsih menyebutkan pihaknya memiliki program wajib kerja bagi dokter spesialis ke RSUD yang tersebar di Indonesia.

Program ini dikhususkan bagi mereka yang telah selesai mengikuti pendidikan baik menggunakan biaya pribadi maupun biaya pemerintah.

"Program ini untuk mengisi kekosongan dokter spesialis di RSUD pada kabupaten terpencil," katanya.

Sosialisasikan Germas dengan peserta 300 orang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang berprilaku hidup bersih.

Kegiatan itu terlaksana atas kerja sama antara Pusat Pendidikan SDM Kesehatan, Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan dengan anggota DPR-RI.

Saat kegiatan itu, juga dilakukan makan buah secara masal dan senam yang diikuti seluruh peserta.

Wali Nagari Koto Kaciak, Syaiful Hendri mengatakan pihaknya akan menganggarkan dana untuk sosialisasikan lanjutan karena kesehatan itu sangat penting sekali.

"Sosialisasikan ini sangat bermanfaat bagi warga, sehingga mereka bisa melakukan langkah-langkah mengantisipasi penyakit,," katanya.