Korban kebakaran di Batang Lingkin Pasaman Barat peroleh bantuan dari pemerintah

id PMI Pasaman Barat,Wakil Bupati Yulianto

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto dan Ketua PMI Pasaman Barat, Yunisra Syahiran saat menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban kebakaran di Batang Lingkin Kecamatan Pasaman, Jumat (4/5). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan Palang Merah Indonesia (PMI), melihat korban kebakaran di Batang Lingkin Kecamatan Pasaman dan menyerahkan sejumlah bantuan, Jumat.

"Benar, kita merasa prihatin dengan musibah kebakaran yang melanda warga di Batang Lingkin. Mudah-mudahan korban dapat sabar menghadapi cobaan ini," kata Ketua PMI Pasaman Barat, Yunisra Syahiran.

Ia mengatakan pihaknya ketika mendapat informasi ada kebakaran langsung turun dan memberikan bantuan.

Dari PMI menyerahkan bantuan berupa peralatan dapur seperti kompor, piring, periuk rentang beras, family kit, buku sekolah, pakaian layak pakai, handuk, kebutuhan makan sehari-sehari berupa mie instan dan sarden.

"Mudah-mudahan bantuan sedikit ini bisa bermanfaat untuk korban banjir. Bantuan dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga diserahkan," katanya.

Selain bantuan dari PMI juga disalurkan bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD berupa beras, kompor gas, tikar, selimut, lemari plastik, pakaian dan makanan, tenda kebutuhan rumah tangga lainya.

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto mengatakan kebakaran itu menyebabkan delapan rumah semi permanen hangus terbakar.

"Kerugian ditaksir ratusan juta namun tidak ada korban jiwa," katanya.

Ia berpesan kepada warga korban kebakaran agar bersabar dan tabah menghadapi cobaan.

"Ini adalah musibah yang sama-sama tidak kita inginkan untuk itu sabar dan tabah menghadap cobaan ini," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar warga agar waspada dan hati hati dengan kompor dan listrik apalagi cuaca panas.

Kepala BPBD Pasaman Barat Try Waluyo menyebutkan, kebakaran terjadi pada Jumat (4/5) sekitar pukul 03.30 WIB. Kebakaran terjadi di los pasar Batang Lingkin yang menghanguskan 8 rumah semi permanen. Api diduga berasal dari dapur salah seorang warga yang memasak.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa. Semua penghuni rumah selamat karena ketika api hidup cepat diketahui warga.

Warga berteriak membangunkan warga agar keluar dari rumah. Sehingga warga selamat, tetapi isi rumah begitu cepat dilalap sijago merah.

Ikut serta menyerahkan bantuan Kepala Dinas Sosial Pasaman Barat, Marimus, Camat Pasaman, Roni dan Kepala Bagian Humas, Yosmar Difia serta pengurus PMI lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar