UIR-UTP Malaysia kerja sama penelitian lingkungan

id Kopertis X

UIR-UTP Malaysia kerja sama penelitian lingkungan

Kegiatan kerja sama antara UIR dan UTP Malaysia. (dokumentasi Kopertis X)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Islam Riau (UIR) bekerja sama dengan University Technologi Petronas (UTP) Malaysia dalam penelitian di bidang lingkungan.

"Kerja sama ini berlangsung selama setahun terkait penelitian lingkungan mengarah ke fisika, kimia, matematika terapan, teknologi informasi, perminyakan, dan geologi," kata Rektor UIR Prof Syafrinaldi dikonfirmasi di Padang, Senin.

Penelitian bersama tersebut ditargetkan menghasilkan sebanyak 10 judul penelitian yang anggotanya masing-masing berasal dari kedua universitas.

Masing-masing proposal, di danai bersama dengan anggaran mencapai 10.000 dolar Amerika Serikat per proposal untuk jangka waktu satu tahun. Total dana ke-10 proposal senilai 100.000 dolar Amerika Serikat atau Rp1,4 miliar.

Menurutnya, kerja sama tersebut menjadi langkah maju kampus dalam mewujudkan cita-cita sebagai kampus Islam terkemuka di Asia Tenggara.

Bagi dosen yang terlibat dalam penelitian tersebut, dikatakan Syafrinaldi akan mendapat pengalaman melakukan penelitian bersama dengan pengajar asing, sekaligus mengukur kemampuan dan kualitas secara internasional.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah kerja sama penelitian, akan dilaksanakan kerja sama lanjutan atau dengan kampus dan negara yang berbeda.

Sementara itu Koordinator Kopertis X Prof Herri menyambut baik adanya kerja sama antara kampus yang ada di bawah lingkungannya dengan perguruan tinggi luar negeri.

Pihaknya terus mendorong kampus swasta lain untuk melakukan kerja sama serupa dengan kampus dan negara yang berbeda.

Diharapkan dengan kerja sama tersebut akan meningkatkan kualitas kampus secara nasional dan internasional. (*)