Nasrul Abit serahkan bantuan bagi nelayan di Pesisir Selatan

id Nasrul Abit bantu nelayan pesisir selatan,bantuan bagi nelayan

Nasrul Abit serahkan bantuan bagi nelayan di Pesisir Selatan

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyerahkan bantuan bagi nelayan di Kampung Sungai Nipah, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyerahkan bantuan bagi nelayan di Kabupaten Pesisir Selatan sebagai upaya pendorong agar ikan hasil tangkapan mereka meningkat.

"Bantuan ini kami berikan agar hasil tangkapan nelayan meningkat dan ikan-ikan yang dibawa ke tepi masih dalam keadaan segar karena selain mesin dan jaring bantuan juga berupa fish box," katanya usai menyerahkan bantuan di Kampung Sungai Nipah, Nagari Painan Selatan, Pesisir Selatan, Selasa sore.

Ia menyebutkan bantuan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik bukan sebaliknya malah menjadi bahan pertengkaran bagi para nelayan.

"Kami dari pemerintah berkomitmen untuk memperhatikan kesejahteraan nelayan dan nelayan harus terlepas dari garis kemiskinan," sebut Nasrul.

Ia menginginkan nelayan agar tetap bersemangat dan tidak terus mengeluhkan kekurangan-kekurangan saat ini.

Karena menurutnya, jangankan nelayan siapa saja akan terus merasa kekurangan selagi tidak bersyukur, nelayan harus semangat dan menyekolahkan anak-anaknya tidak hanya tingkat SMA sederajat namun juga perguruan tinggi agar mereka memiliki masa depan yang baik.

"Kalau pun nanti jadi nelayan mereka adalah nelayan-nelayan sukses yang mampu menerapkan teknologi canggih dan ramah lingkungan dalam menangkap ikan," katanya lagi.

Nelayan yang dibantu itu ialah nelayan yang berasal dari Koperasi Bangkit Bersama, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Koperasi Tuo Sakato, Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas dan KUB Bangkit Bersama Nagari Taluk, Kecamatan Batang Kapas.

Sementara itu, seorang nelayan penerima bantuan, Fitrah mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan pemerintah provinsi kepada mereka.

"Kami sangat bersyukur karena pemerintah provinsi telah memberikan bantuan, jika mengharapkan uang penghasilan sebagai nelayan kami butuh waktu yang lama untuk bisa membeli mesin, jaring dan juga fish box," kata dia.

Terpisah, Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Afriman Julta menyebutkan selain menyerahkan bantuan berupa fish box berkapasitas 50 liter sebanyak 60 buah, pemerintah provinsi juga menyerahkan mesin 13,5 PK sebanyak 25 unit dan jaring ikan sebanyak 30 lembar.