Ratusan pelajar di Pasaman Barat ikuti 02SN-FLS2N

id O2SN Pasaman Barat

Ratusan pelajar di Pasaman Barat ikuti 02SN-FLS2N

Wakil Bupati Pasbar, Yulianto saat mengalungkan tanda peserta kepada salah satu peserta 02SN dan FLS2N di halaman kantor bupati Pasaman Barat, Senin (2/4). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Ratusan siswa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten, Senin.

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat pembukaan di halaman kantor bupati, Senin mengharapkan para siswa bisa bertanding dengan profesional dan bisa membawa nama Pasbar nanti di pertandingan tingkat Provinsi Sumbar.

Menurutnya, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.

Manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti yang luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani berkepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggungjawab, kemasyarakat.

"Berpijak dari tujuan pendidikan itu maka perlombaan dan pertandingan olimpiade olahraga siswa nasional, festival lomba senai siswa nasional merupakan ajang untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Dalam perlombaan ini ada unsur pengetahuan, keterampilan seni dan budaya," katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan O2SN dan FLS2N merupakan wadah bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang olahraga dan seni.

Pemkab Pasaman Barat mengharapkan masyarakat bisa membuat olahraga menjadi bagian dari kehidupan, atau memasyarakatkan olahraga.

Atlet-atlet Pasaman Barat, katanya masih perlu meningkatkan kemampuan untuk bersaing di tingkat kabupaten maupun tingkat nasional. Sehingga bisa sejajar dengan kabupaten kota di Sumbar dan nasional pada umumnya.

"Perlu kita ingat kembali bahwa Pasaman Barat pernah tahun 2009 menjadi juara tingkat nasional di bidang atletik. Tentunya harapan kita semua semoga prestasi itu dapat kita raih kembali untuk tahun ini supaya target perolehan medali paling kurang pada tingkat provinsi,” harapnya.

Selain itu, kalah dan menang dalam pertandingan sudah menjadi hal yang biasa, namun harus berupaya semaksimal mungkin. Harus banyak berlatih dan mempersiapkan diri untuk tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada Mei di Kota Padang.

"Saya yakin kita akan mendapatkan atlet dengan bibit unggul untuk dibawa ke Kota Padang dalam pertandingan tingkat provinsi nantinya," ujarnya.

Ia berpesan kepada wasit dan dewan juri agar melakukan penilaian secara sportif adil dan objektif. Jangan ada niat untuk melakukan kecurangan agar mendapatkan pemenang yang memiliki potensi besar dan bisa membawa nama Pasbar ke jenjang yang lebih tinggi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana yang juga kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Marwazi memaparkan sebanyak 532 peserta O2SN yang berasal dari seluruh kecamatan di Pasbar yakni dari 11 kecamatan dan sebanyak 461 orang peserta FLS2N yang akan bertanding selama lebih kurang seminggu ke depan.

Cabang olahraga yang diikuti antara lain tenis meja, takraw, karate, taekondo, cabang seni seperti seni tari, seni baca alquran.

"Harapan kita semoga siswa bisa bertanding dengan profesional," harap Marwazi. (*)