Tiga ruas jalan lintas Sumatera di Pesisir Selatan selesai 2018

id Jalan Lintas Sumatera,Perbaikan Jalan Lintas Sumatera

Tiga ruas jalan lintas Sumatera di Pesisir Selatan selesai 2018

Tumpukan material berupa batu yang akan digunakan kontraktor untuk membuat selokan di Jalan Lintas Sumatera ruas Painan - Kambang. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Tiga ruas Jalan Lintas Sumatera di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang saat ini dalam tahap pelebaran akan selesai pada Juni 2018, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum setempat, Era Sukma Munaf.

Era Sukma Munaf di Painan, Rabu, menjelaskan ketiga ruas tersebut ialah Painan - Kambang, Kambang - Indrapura dan Indrapura - Tapan.

Khusus ruas Painan - Kambang pengerjaan yang rampung telah mencapai 73 persen, sementara ruas Indrapura - Tapan telah mencapai 90 persen, sementara ruas Kambang - Indrapura pihaknya belum mendapat informasi.

"Untuk ruas Kambang - Indrapura kami belum mendapat informasi mengenai pekerjaan yang telah dirampungkan namun apa pun itu yang pasti tenggat waktu hingga Juni mesti dipenuhi," katanya lagi.

Ia menambahkan sejauh ini tidak ada permasalahan yang berarti dalam tahap pembebasan lahan dalam mendukung pembangunan jalan, hanya tinggal keseriusan kontraktor dalam menyelesaikan pekerjaannya.

"Kami berharap kontraktor bekerja sesuai dengan kontrak kerja sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan dan jangan karena waktu yang sedikit akhirnya kontraktor malah mendahulukan kuantitas ketimbang kualitas," ujarnya.

Selain itu, pembangunan jalan yang menghubungkan kabupaten setempat dengan Kota Padang yang melewati Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh juga direncanakan rampung akhir 2018.

Menurutnya jalan sepanjang lebih kurang 43 kilometer tersebut awalnya memang ditarget selesai 2019 namun karena menjadi perhatian pemerintah pusat penuntasannya menjadi prioritas tahun ini.

Pembangunan jalan tersebut dibagi ke dalam tiga paket kegiatan, paket satu telah selesai hingga pengaspalan sepanjang 15 kilometer.

Sementara dua paket lainnya saat ini masih dalam tahap pelelangan dan setelah pelelangan selesai pengerjaan akan dikebut hingga akhir tahun.

Terkait pembangunan jalan itu, ungkapnya, pemerintah pusat mengucurkan anggaran sekitar Rp140 miliar yang masing-masing paket dianggarkan Rp70 miliar.