Akses jalan lintas Padang-Kerinci sudah bisa dilalui para pengendara

id Akses jalan lintas, Padang-Kerinci, sudah bisa dilalui, para pengendara

Akses jalan lintas Padang-Kerinci sudah bisa dilalui para pengendara

Petugas dari TNI meninjau lokasi longsor yang menimbun jalan Nasional Padang-Kerinci di Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok, Sumbar, Minggu. Antara/HO/Warga

Solok (ANTARA) - Akses Jalan Padang-Kerinci sudah bisa dilalui para pengendara tepatnya di Nagari Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumbar yang sebelumnya putus total akibat tanah longsor, Minggu (21/4).

"Alhamdulillah sampai saat siang ini jalan sudah bisa dilewati meskipun dilaksanakan buka tutup, namun hal tersebut cukup efektif untuk mempermudah akses dan membuat perekonomian berjalan lancar kembali," kata Babinsa Koramil 11/Pantai Cermin Kodim 0309/Solok Praka Robert Ikhsan di Solok, Senin.

Sebelumnya, telah dilakukan upaya untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor, usai bencana tanah longsor di wilayah Kecamatan Pantai Cermin, ia bersama warga dan instansi terkait melaksanakan kerja bakti guna membersihkan material longsor yang menutupi jalan.

"Kami sebagai Babinsa tentunya akan lebih aktif dalam proses evakuasi material tanah longsor ini, karena material reruntuhan longsor tersebut menutup akses jalan penghubung antara Kabupaten Solok dan Solok Selatan," ujar dia.

Menurut Ikhsan akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Solok mengakibatkan longsor yang yang menutupi akses jalan dari Nagari Surian menuju ke Alahan Panjang.

Untuk mengatasi hal tersebut, Babinsa bersama warga dan instansi terkait melaksanakan kerja bakti di lokasi tanah longsor dengan dibantu satu unit alat berat untuk mempermudah proses pembersihan material longsor sehingga jalan dapat kembali dilalui.

"Alhamdulillah sekarang jalan sudah bisa dilalui kembali," ucapnya.

Sebelumnya, jalan nasional ruas Padang ke Kerinci tertimbun longsor di Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok dan tidak bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun rodan empat, Minggu (21/4).

"Longsor terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dan titiknya masih di bekas longsor lama yaitu tepatnya dekat SMP Negeri 2 Pantai Cermin dan sekarang alat berat yang siaga di Air Dingin sudah menuju lokasi guna membersihkan material tanah yang menimbun jalan," kata Kapolsek Pantai Cermin IPTU Defri Irawan, saat di hubungi di Surian.

Dia mengatakan, untuk sementara kepolisian dibantu Danramil menyiagakan petugas guna mengatur kendaraan agar tertib.

Petugas katanya, mengatur kendaraan agar parkir sesuai jalurnya supaya saat jalan dibuka nanti tidak terjadi kemacetan.

"Jangan sampai saat jalan sudah dibuka malah terjadi kemacetan sehingga petugas melakukan pengaturan dilokasi," ujarnya.

Untuk kendaraan roda dua katanya, bisa melalui jalan alternatif arah ke SMP Negeri 2 Pantai Cermin sedangkan untuk mobil memang harus menunggu.

Longsor terjadi katanya, tanpa ada hujan hanya saja kemungkinan tanahnya yang labil sebab sebelumnya kejadian yang sama juga terjadi di lokasi tersebut.