Wagub imbau masyarakat peduli lingkungan dan menjaga sumber-sumber air

id Nasrul Abit

Wagub imbau masyarakat peduli lingkungan dan menjaga sumber-sumber air

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Diperlukan kepedulian dalam melestarikan alam sebagai sebuah solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan air baik itu banjir, kekeringan maupun kelestarian alam di hulu sungai
Padang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengimbau masyarakat di provinsi itu agar peduli dengan lingkungan dalam rangka menjaga sumber-sumber air.

"Mayoritas kondisi sungai di Sumbar sudah bagus, meskipun juga terdapat beberapa sungai yang sudah tercemar misalnya di Kota Padang," kata dia usai peringatan hari air dunia 2018 di Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V di Padang, Kamis.

Ia mencontohkan di Padang saat ini bisa dilihat dari hulu hingga ke hilir air sungainya kotor dan sampah di muara sungai juga menumpuk.

Hal itu, kata dia tentu memerlukan perhatian seluruh lapisan masyarakat agar peduli terhadap lingkungan karena air merupakan sumber kehidupan.

"Diperlukan kepedulian dalam melestarikan alam sebagai sebuah solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan air baik itu banjir, kekeringan maupun kelestarian alam di hulu sungai," kata dia.

Terutama, tambahnya dalam menjaga sumber-sumber air agar tidak tercemar.

Selain itu, Ia mengatakan masyarakat juga diharapkan dapat menjaga kondisi air agar tidak terjadi kekeringan ketika musim kemarau dan tidak kebanjiran ketika musim hujan.

Sementara itu, Kepala BWSS V Maryadi Utama mengatakan kondisi sungai di Sumbar saat ini masih cukup dalam menampung debit air.

Oleh karena itu, katanya pihaknya berupaya memasyarakatkan bagaimana menyimpan air di kala hujan dan menggunakannya di kala kemarau.

"Salah satunya dengan cara membuat lubang biopori," ujarnya. (*)