Pasaman Barat siapkan program 100 hafizh setiap kecamatan

id Hafizh Kecamatan

Pasaman Barat siapkan program 100 hafizh setiap kecamatan

Sekretaris Kabupaten Pasaman Barat, Manus Handri saat membuka acara kegiatan gerakan 2.000 hafizh Sumbar dengan tema membangun generasi qur’ani dan membumikan ekonomi rabbani di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (19/3). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) segera membuat program 100 hafizh di setiap kecamatan pada 2018.

"Kita menargetkan 100 hafizh atau hafizah di setiap kecamatan. Jika 11 kecamatan maka akan ada 1.100 hafizh atau hafizah nantinya," kata Sekretaris Kabupaten Pasaman Barat, Manus Handri usai membuka kegiatan gerakan 2.000 hafizh Sumbar dengan tema membangun generasi qur'ani dan membumikan ekonomi rabbani di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin.

Ia menambahkan dalam waktu dekat akan akan membuat surat edaran agar membuat dan membina hafizh sebanyak 100 orang. Hafizh tidak hanya ditelurkan oleh pesantren saja, sekolah umum juga bisa melakukan hal yang sama.

Ia mengharapkan kedepannya pemimpin Pasaman Barat diharapkan berasal dari hafizh Alquran. Sebagai umat Islam Alquran merupakan pedoman hidup, pemecah dari setiap permasalahan yang dihadapi.

"Tidak hanya itu saja, hafizh inilah nantinya yang akan memelihara Al Quran ini terjaga hingga akhir zaman," ujarnya.

Pihaknya akan buatkan regulasinya di Dinas Pendidikan untuk hafizh ini. Ia mencontohkan Universitas Andalas Padang saja sudah memberlakukan program penerimaan mahasiswa dengan jalur hafal Alquran ini.

"Bagi siapa yang hafal tujuh jus saja akan diterima tanpa tes. Sebab, IQ penghafal Al Quran itu jelas sudah teruji, ujarnya.

Ia tidak menyangkal apa yang ada di dalam Al Quran. Semua permasalahan kehidupan ada jawabannya di dalam kitab suci umat Islam tersebut.

Pasaman Barat sudah membuat program subuh mubarokah, namun hingga saat ini tidak terlalu bersemangat lagi. Tujuan salah satunya diadakan subuh mubarokah tersebut yakni meningkatkan ekonomi kita semua. Dengan bangun pagi menjemput rezki, dan ini sudah dibuktikan oleh negara Turki, jelasnya.

Sementara itu, Duta Quran Sumbar, Rudi Nofriadi al hafizh mengatakan program gerakan 2.000 hafizh se-Sumbar ini untuk memberikan motivasi dan perhatian kepada penghafal Alquran yang ada di Sumbar.

Untuk seleksi setiap kabupaten kota di Sumbar menyiapkan 100 orang hafizh, sehingga total mencapai 2.000 hafizh.

Sebanyak 2.000 hafizh ini nantinya akan diberikan beasiswa oleh Pemkab sesuai dengan yang mensponsori seperti Bank Nagari Syariah, katanya.

Setelah mendapatkan 2.000 hafizh nantinya akan diseleksi lagi hingga mendapatkan 30 hafizh yang akan dibawa ke acara puncak duta Qur`an Indonesia. Salah satu syaratnya harus hafal lima jus Al Quran.