Pengadaan tinta diprediksi April, pencetakan KTP elektronik akan dilanjutkan

id KTP E

Pengadaan tinta diprediksi April, pencetakan KTP elektronik akan dilanjutkan

Proses percetakan KTP elektronik (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras/17)

Pengadaan tinta harus melalui e-katalog dan ini bergantung pada lembaga pengadaan, diprediksi awal April e-katalog kembali dibuka,
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar menargetkan pembuatan KTP elektronik bagi warga kembali dilaksanakan pada April 2018 setelah mengalami kendala akibat habisnya tinta.

"Pengadaan tinta harus melalui e-katalog dan ini bergantung pada lembaga pengadaan, diprediksi awal April e-katalog kembali dibuka," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Padang Wedistar di Padang, Kamis.

Menurutnya bila tinta bisa diadakan awal april, setelah itu pencetakan dapat dilaksanakan sebab untuk ketersediaan blanko saat ini sudah tercukupi.

Hingga awal maret ini di Disdukcapil telah tersedia 28 ribu blanko yang siap digunakan.

Mengingat masih ada ratusan ribu warga yang akan mencetak, pihaknya akan mengupayakan tambahan alat dan bahan pendukung seperti tinta dan blanko secepatnya.

"Saat ini untuk pembuatan KTP E tetap berjalan namun menggunakan surat keterangan pengganti KTP sementara dengan nomor yang sama sesuai NIK nya," ujar dia.

Berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan warga ini pihaknya juga tengah mengupayakan integrasi data dengan beberapa organisasi perangkat daerah seperti dinas sosial untuk mewujudkan Padang kota pintar.

Terlebih saat ini pemkot telah memiliki "command centre" yang fungsinya mengatur semua kegiatan dan program dalam satu perintah atau pusat.

"Dalam hal ini data kependudukan memegang peranan penting, untuk itu segera dilakukan pembenahan di segala aspeknya," kata dia. (*)