Pemkot Solok terapkan e-katalog lokal sektor jasa konstruksi

id Pemkot Solok, terapkan E-Katalog, lokal sektor, jasa konstruksi

Pemkot Solok terapkan e-katalog lokal sektor jasa konstruksi

Wali Kota Solok Zul Elfian (baju putih) saat memimpin rapat koordinasi bersama OPD di lingkup pemerintah daerah setempat. ANTARA/HO-Prokomp Kota Solok

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat menerapkan katalog elektronik (e-katalog) lokal sektor jasa konstruksi dalam menjawab tuntutan pengadaan yang berkembang pesat di era modern saat ini dengan tetap menjaga pilar pengadaan yang bersih dan transparan.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Jumat, mengatakan katalog elektronik hadir menjadi media yang tepat dalam mengembangkan e-government procurement dalam menjawab tuntutan pengadaan yang berkembang pesat di era modern saat ini.

Menurut dia perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar yang membawa bangsa Indonesia menuju paradigma baru memasuki era teknologi informasi dan komunikasi.

Pengadaan barang atau jasa pemerintah merupakan salah satu aktivitas yang sering mendapat sorotan. Namun dalam beberapa waktu terakhir, permasalahan dalam pengadaan barang atau jasa pemerintah mulai berkurang sejak diadakannya pengadaan barang dan jasa secara elektronik (e-katalog).

Ia menjelaskan katalog elektronik lokal merupakan aplikasi belanja secara daring yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP).

Ia berharap dengan adanya katalog elektronik lokal ini dapat menggerakkan dan menyejahterakan ekonomi penyedia usaha mikro dan kecil yang ada di Kota Solok lewat optimalisasi pelibatan pelaku usaha daerah dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Selain itu, juga dapat memudahkan mekanisme belanja pemerintah daerah untuk mempercepat realisasi anggaran dengan tetap mengacu pada tata kelola pemerintahan yang baik," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini pemerintah Kota Solok tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur baik fisik dan nonfisik sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi usai pandemi dan sekaligus menjadi salah satu cara untuk mencegah korupsi pada keuangan negara.

Ia menyampaikan untuk pengadaan barang/jasa memerlukan modernisasi melalui pemilihan dengan menggunakan katalog elektronik. Dengan demikian diharapkan pengadaan barang/jasa dapat terlaksana dengan efektif, efisien, transparan, terbuka, bersaing, dan akuntabel.