Pemkab ditargetkan IB 11.040 sapi betina tahun ini

id sapi

Pemkab ditargetkan IB 11.040 sapi betina tahun ini

Sapi Pesisir. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ditargetkan melaksanakan Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik terhadap 11.040 ekor sapi betina produktif di daerah sepanjang 2018.

"Target yang tetapkan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian itu naik jika dibandingkan 2017 yang pelaksanaan IB hanya dilakukan terhadap 9.412 ekor sapi betina produktif," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Hazrita di Painan, Sabtu.

Kendati demikian, pihaknya optimis target tersebut terpenuhi , hal itu berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya yang pelaksanaan IB terealisasi terhadap 10.481 ekor sapi betina produktif.

Menurutnya, hal tersebut terlaksana selain karena kegigihan petugas di lapangan, kebanyakan dari peternak di daerah itu berangsur-angsur sadar bahwa IB berdampak lebih baik terhadap anakan sapi-sapi mereka.

"Memang untuk menciptakan situasi saat ini tidak mudah dan berkat sosialisasi hingga pembuktian langsung, kebanyakan dari peternak cenderung memiliki IB dari pada kawin alam," ujarnya.

Kepala Bidang Produksi, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Yusmal menambahkan banyak keuntungan yang didapat peternak jika sapi peliharaannya mengikuti program IB, di antaranya menghemat waktu karena peternak tidak perlu lagi membawa pejantan ke sapi betina.

Seterusnya bisa meningkatkan kelahiran, mencegah penyakit menular, mencegah kawin sedarah sehingga kualitas ternak tetap terjaga dan pelaksanaan IB oleh petugas peternakan gratis karena biayanya ditanggung oleh pemerintah melalui APBN.

Selain pelaksanaan IB, daerah setempat juga mendapat target kelahiran anakan sapi sebanyak 6.602 ekor sepanjang 2018, dan target ini juga meningkat jika dibandingkan 2017 sebanyak 5.177 ekor.

Namun, pihaknya optimis target tersebut tercapai dengan berkaca pada pelaksanaan IB pada 2017 karena secara teknis tingkat keberhasilan IB mencapai 65 persen. (*)