Masih dalam tahap pemutakhiran, KPU nyatakan data pemilih pilkada belum rampung

id Muhammad Sawati

Masih dalam tahap pemutakhiran, KPU nyatakan data pemilih pilkada belum rampung

Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati. (Antarasumbar/Noviaharlina)

Pendataan lapangan sudah selesai dilaksanakan, namun penetapannya mesti melalui rapat pleno terlebih dahulu
Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan pihaknya belum merampungkan jumlah data pemilih untuk pilkada 2018.

"Pendataan lapangan sudah selesai dilaksanakan, namun penetapannya mesti melalui rapat pleno terlebih dahulu," kata Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati di Padang, Kamis.

Menurutnya pada 20 Januari 2018 pencocokan data pemilih di Kota Padang sudah mulai dilakukan dengan langsung turun ke rumah-rumah warga.

Berdasarkan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK 2) Kota Padang sebanyak 883.767, namun berapa jumlah pasti orang yang memiliki hak pilih belum dapat dipastikan karena masih dalam tahap pemutakhiran data pemilih.

Kemudian terkait jumlah pemilih tetap pada pilkada Padang 2013, yakni sebanyak 560.723 orang yang terdiri atas 276.729 pemilih laki-laki dan 283.994 pemilih perempuan yang akan melakukan pencoblosan pada 1.532 tempat pemungutan suara (TPS).

Mendekati lima tahun berlalu, ujarnya tentu ada perubahan generasi dan profesi dari pemilih tersebut. "Kami tidak ingin ada masyarakat yang punya hak pilih, namun tidak masuk ke daftar pemilih," kata dia.

Seperti ada yang meninggal atau sebelumnya merupakan masyarakat biasa yang diterima sebagai polisi atau tentara sehingga tidak berhak mengikuti pemilihan.

Begitu juga sebaliknya, jika sebelumnya ada penduduk yang berprofesi sebagai polisi atau tentara, kemudian pensiun maka mereka berhak kembali mengikuti pilkada, tambah dia.

Sawati mengatakan proses penetapan data pemilih ini tidak bisa tergesa-gesa karena akan mempengaruhi kesuksesan pesta demokrasi serta keadilan hak pilih bagi masyarakat.

"Jadi berapa jumlah data pemilih untuk pilkada 2018 masih dimutakhirkan, dan rencananya akan diumumkan pada Maret 2018," ujar dia.

Kota Padang merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2018 di Sumbar. Daerah lainnya adalah Kota Sawahlunto, Pariaman dan Padang Panjang. (*)