Jumlah pemilih pilkada Padang diperkirakan 584.659 orang, kata KPU

id Muhammad Sawati

Jumlah pemilih pilkada Padang diperkirakan 584.659 orang, kata KPU

Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati. (Antarasumbar/Noviaharlina)

Hasil ini masih sementara karena belum ada keputusan dalam rapat pleno, namun ini merupakan data pencocokan pada 20 Januari hingga 18 Februari 2018
Padang, (Antaranews Sumbar) - Jumlah pemilih untuk pilkada 2018 Kota Padang, Sumatera Barat diperkirakan sebanyak 584.695 orang berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Muhammad Sawati.

"Hasil ini masih sementara karena belum ada keputusan dalam rapat pleno, namun ini merupakan data pencocokan pada 20 Januari hingga 18 Februari 2018," katanya di Padang, Rabu.

Untuk data penetapan data pemilih itu, kata dia aka diusahakan secepat mungkin dan segera diplenokan oleh seluruh jajaran KPU Padang, pihaknya menargetkan dalam satu bulan ke depan sudah diputuskan.

Menurutnya dari data pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh 1704 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tersebut jumlah pemilih di Kota Padang meningkat, pada pilkada 2013 jumlah pemilih yakni 560.723 orang.

Ia menyampaikan hampir lima tahun berselang tentu ada perubahan generasi dan profesi dari pemilih tersebut, sehingga pemutakhiran data pemilih benar-benar langsung dari rumah ke rumah.

"Kami tidak ingin ada masyarakat yang punya hak pilih, namun tidak masuk ke daftar pemilih," kata dia.

Seperti ada yang meninggal atau sebelumnya merupakan masyarakat biasa yang diterima sebagai polisi atau tentara sehingga tidak berhak mengikuti pemilihan.

Begitu juga sebaliknya, jika sebelumnya ada penduduk yang berprofesi sebagai polisi atau tentara, kemudian pensiun maka mereka berhak kembali mengikuti pilkada, tambah dia.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra mengatakan pihaknya siap membantu KPU dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang untuk periode 2018-2023.

Kami dari DPRD siap membantu KPU, kami berharap KPU bisa maksimal bekerja dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pilwako Padang ini.

Ia juga meminta KPU, untuk menggiatkan sosialisasi pilkada ke masyarakat. Sebab, anggaran yang dikucurkan Pemkot Padang untuk pilkada ini cukup besar, mencapai Rp37 miliar lebih.

Pilkada Padang 2018 diikuti oleh dua kandidat, yakni Mahyeldi Ansharullah-Hendri septa dan Emzalmi berpasangan dengan Desri Ayunda, pemungutan suara akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

Kota Padang merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2018 di Sumbar. Daerah lainnya adalah Kota Sawahlunto, Pariaman dan Padang Panjang. (*)