Satgas Pangan pastikan stok beras nasional aman

id Satgas Pangan,Stok Pangan,Setyo Wasisto

Satgas Pangan pastikan stok beras nasional aman

Ketua Satgas Pangan Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (kiri) didampingi Kadivre Bulog Sumbar Suharto Djabar mengunjungi gudang Bulog di Kota Padang, Kamis (8/2). (ANTARA SUMBAR/Mario S Nasution).

Padang, (Antaranews Sumbar) - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri Irjen Pol Setyo Wasisto memastikan ketersediaan beras nasional aman hingga bulan April 2018.

"Ketika stok mulai menurun pada bulan April 2018, petani di pulau Jawa memasuki masa panen raya sekitar bulan Maret 2018," katanya saat melakukan kunjungan ke gudang Bulog di Padang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini pihaknya terus bekerja memastikan stok beras tersedia di seluruh daerah, termasuk Sumatera Barat (Sumbar).

"Kami di sini bertugas hanya untuk memastikan stok beras nasional aman," ujarnya.

Untuk Ranah Minang, katanya berdasarkan laporan dari Kadivre Bulog Sumbar masyarakat di provinsi itu agak unik karena lebih menyukai beras lokal yang memiliki tingkat kepulenan tersendiri sehingga minat mengonsumsi beras Bulog rendah.

Persoalan ini, sebutnya tidak mengindikasikan beras Bulog kualitasnya lebih rendah dari beras lokal.

"Masyarakat Sumbar memang memiliki keunikan tersendiri karena memilih beras lokal daripada beras yang dikonsumsi secara umum seperti beras IR," kata dia.

Terkait dengan penyalahgunaan pendistribusian beras Bulog, ia mengatakan untuk Sumbar belum ditemukan karena pihaknya terus melakukan asistensi dan supervisi terhadap Bulog Sumbar.

"Sejauh ini kami belum menemukan pelanggaran dan penyalahgunaan pendistribusian beras Bulog," kata dia.

Sementara Kadivre II Bulog Sumbar Suharto Djabar mengatakan beras yang ada di gudang Bulog cukup untuk persediaan hingga 4,5 bulan ke depan.

"Dengan stok ini kita terus berupaya menyalurkan kepada masyarakat melalui kurang mampu untuk program beras sejahtera," kata dia. (*)