BPBD Ajak Warga Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

id Cuaca Ekstrem

BPBD Ajak Warga Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak warga lebih siaga menghadapi cuaca buruk yang terjadi di wilayah itu.

Kita imbau masyarakat lebih waspada dalam mengahadapi kondisi hujan yang disertai angin kencang seperti ini, kata Kepala BPBD Padang, Edi Hasymi di Padang, Minggu.

Hujan yang mengguyur Kota Padang sejak Minggu dinihari dapat menyebabkan longsor di daerah rawan seperti Bukit Gado-Gado, Bukit Rawang, Bukit Turki di kawasan Padang Selatan.

Selain itu di kawasan Lubuk Kilangan yang merupakan daerah rawan longsor.

Apabila intensitas hujan tinggi dan membahayakan kami imbau agar masyarakat pindah ke daerah yang lebih aman.

Sedangkan untuk para pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat agar lebih berhati-hati terhadap pohon tumbang.

Selain itu bilboard yang ada di jalan raya juga membahayakan pengendara apabila tumbang akibat angin kencang.

Kami mengimbau agar warga tetap di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah, ujar dia

Saat ini Tim Reaksi Cepat telah berada di lapangan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pohon tumbang.

Ada beberapa pohon tumbang yang mengganggu lingkungan seperti yang terjadi di kawasan Sungai Sapiah. Namun petugas sudah melakukan tindakan.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Sumbar menyatakan siklon (badai) Dahlia berpotensi menyebabkan cuaca buruk seperti hujan lebat dan angin kencang di provinsi itu tiga hari ke depan.

"Siklon Dahlia posisinya memang lebih dekat ke Lampung dan Bengkulu, namun tetap berpotensi terjadi cuaca buruk di Sumbar," kata Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji. (*)