Begini Kiat Pemkot Padang Agar Tetap Dapat Mempertahankan Penghargaan Adipura

id Mahyeldi Ansharullah

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menyatakan akan memaksimalkan relawan kebersihan yang tersebar di seluruh kelurahan dan pemerintahan guna mempertahankan penghargaan Adipura atau Kota Bersih pada tahun berikutnya.

"Salah satu yang akan diperkuat untuk bekerja maksimal yakni pembuatan Prosedur Standar Operasi bagi para relawan tersebut," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Kamis.

Seperti tugas dan kewajibannya relawan kebersihan tidak hanya bekerja membersihkan dan menjaga kelestarian lingkungan, namun juga bertanggung jawab dalam mengajak warga ikut serta.

Akan tetapi kinerja ini belum dirasakan optimal karena belum ada aturan prosedur yang mengatur.

Dengan adanya kesamaan prosedur diharapkan kinerja lebih baik dan disiplin.

"Saat ini relawan kebersihan bukan semata dari warga namun juga semua aparatur sipil negara memiliki tanggung jawab yang sama," ujar dia.

Nantinya prosedur yang digunakan misal dalam pengelolaan sampah, pembersihan drainase atau pelestarian pantai akan sama berlaku untuk semua relawan.

Tidak hanya relawan, warga yang ikut serta juga akan menjalankan prosedur yang sama.

Meskipun demikian, keberadaan prosedur ini tidak akan mematikan kreativitas dari relawan kebersihan dalam pengelolaan lingkungan.

Para relawan, tetap dituntut untuk giat menciptakan inovasi dalam pengelolaan lingkungan tersebut.

Sementara itu salah satu pegiat persampahan di Padang, Saifuddin menilai bank sampah bisa menjadi solusi terkait masalah limbah di Padang.

Untuk itu dia berharap pemerintah lebih maksimal dalam mendorong masyarakat untuk membentuk bank sampah di setiap tempat tinggalnya.

Bila perlu kata dia, di instansi pemerintahan juga didirikan bank sampah sebagai bentuk percontohan bagi masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar