Anggaran HPN harus Cair Januari 2018

id HPN 2018

Anggaran HPN harus Cair Januari 2018

Logo, HPN 2018.

Padang, (Antara Sumbar) - Wagub Sumbar, Nasrul Abit mengingatkan anggaran Hari Pers Nasional (HPN) yang masuk pada APBD 2018 harus sudah bisa cair pada Januari agar tidak terjadi kendala dalam pelaksanaan.

"APBD Sumbar 2018 ketok palu November 2017. Kegiatan pengadaan terkait HPN harus dibahas Desember 2017 dan Januari 2018 harus sudah bisa dicairkan untuk mendanai rangkaian kegiatan pembukaan HPN," kata dia di Padang, Selasa (24/10).

Ia menyebutkan itu usai menghadiri pertemuan Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) Sumbar di Padang.

Jjika anggaran terlambat cair, akan sangat berpengaruh pada pelaksanaan kegiatan. Panitia bisa kalang kabut untuk mencari dana talangan hingga kegiatan bisa kacau balau dan memalukan nama daerah.

Kegiatan puncak HPN 2018 pada 9 Februari 2018. Jangan sampai anggaran belum bisa digunakan di awal tahun, kata dia.

Terkait pelaksanaan HPN secara menyeluruh, Nasrul Abit meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saling berkoordinasi. Pelaksanaan HPN bukan sekedar tanggung jawab Biro Humas, melainkan seluruh pemerintahan yang bersinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) serta organisasi wartawan lainnya.

Pada pelaksanaan HPN 2018, PWI akan melaksanakan "branding" pariwisata Sumbar, sehingga seluruh kabupaten/kota harus menyiapkan destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi oleh ribuan peserta.

Sementara itu Bakohumas Sumbar dalam kesempatan yang sama menyatakan komitmennya untuk mendukung rangkaian kegiatan HPN 2018 yang dipusatkan di Kota Padang.

Kepala Biro Humas Sumbar, Jasman mengatakan selain kegiatan di Padang, kabupaten dan kota kemungkinan juga akan menggelar kegiatan untuk memeriahkan HPN. Bakohumas diharapkan bisa mengambil peran dalam kegiatan di daerah tersebut.

Sejumlah kegiatan unik yang masuk dalam agenda kegiatan HPN 2018 di Sumbar diantanya seminar di atas kapal dari lokasi wisata bahari Mandeh menuju Kepulauan Mentawai. (*)