Lima Titik Kemacetan Selama Lebaran di Padang

id medi iswandi

Lima Titik Kemacetan Selama Lebaran di Padang

Kepala Disbudpar Kota Padang, Medi Iswandi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat memprediksi terdapat lima titik kemacetan yang akan terjadi di daerah tersebut saat libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kelima titik itu yakni Pantai Padang, Pantai Air Manis, Bungus, Taman Hutan Raya dan Transmart," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan berkaca tahun lalu kemacetan di Pantai Padang diprediksi akan terjadi sejak hari pertama lebaran dan puncaknya di hari terakhir libur lebaran.

Seperti tahun lalu, tambahnya setiap harinya ratusan ribu orang memadati dua pantai yakni Cimpago dengan Monumen IORA dan Muaro Lasak dengan Monumen Merpati Perdamaian.

Sebagian besar wisatawan kata dia berasal dari luar daerah dan perantau yang pulang ke Padang.

"Hal yang sama juga terjadi di Air Manis dan Bungus," ujarnya.

Khusus di pantai Air Manis kemungkinan peningkatan pengunjung pada liburan tahun ini karena adanya penguatan infrastruktur.

Kemacetan bakal terjadi karena infrastruktur jalan ke arah pantai tersebut masih belum memadai dibanding kedatangan pengunjung.

Sedangkan di Bungus, di beberapa pantai selepas pelabuhan Teluk Bayur seperti Nirwana, Caroline dan Carlos kemungkinan jadi favorit destinasi wisatawan.

"Disamping pantai, keberadaan Taman Hutan Raya Bung Hatta di Jalan Lintas Sumatera berpotensi memunculkan kemacetan," lanjutnya.

Hal ini, sebutnya didasari atas penataan dan penambahan beberapa wahana permainan di objek tersebut.

Dengan banyaknya pengunjung datang ke tempat itu dia memprediksi jalur yang berbatasan dengan Kabupaten Solok itu akan macet karena ditambah lalu lalang pemudik.

"Kehadiran Transmart dan sejauh ini padat akan bertambah saat lebaran," ujar dia.

Menurutnya keberadaan pasar swalayan tersebut tergolong baru namun telah menimbulkan kemacetan khususnya saat waktu libur.

Dengan peningkatan wisatawan ke Padang nantinya, jalur di sekitar toko itu akan padat.

Selain lima tempat tersebut, wisatawan akan terpusat di beberapa pulau, Pasar Raya, taman bermain, Plaza Andalas dan kolam pemandian.

"Kami telah berkoordinasi dengan keamanan dan Dinas Perhubungan terkait penataan dan pengamanan objek wisata tersebut nantinya," kata dia.

Sementara itu salah satu warga Padang, Haryani (30) berharap saat libur lebaran pemerintah jelas menerapkan peraturannya.

Sebagai contoh, sebutnya aturan bus tidak boleh parkir di pantai harus ditegakkan, sebab selama ini masih banyak yang melanggar.

Kemudian terkait rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan harus jelas dan menyeluruh dalam sosialisasinya. (*)