Pesisir Selatan akan Ambil Alih Pengelolaan Pulau Cubadak

id Pulau Cubadak, Wisata Bahari, Pesisir Selatan, Sumbar

Ilustrasi.

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berencana mengelola Pulau Cubadak yang merupakan satu dari beberapa pulau di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh daerah itu.

"Pulau Cubadak dikelola oleh investor Itali dari 1993, pengelolaan dilakukan setelah ditandatanganinya kontrak pengelolaan dengan pemilik pulau," kata Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pesisir Selatan, Junaidi di Painan, Kamis.

Ia menambahkan kontrak tersebut akan berakhir sekitar sembilan tahun kedepan dan setelah itu pemerintah kabupaten akan melanjutkan pengelolaannya.

Junaidi menyebutkan suasana di Pulau Cubadak cukup tenang dan indah sehingga pengelola menjadikan wisatawan mancanegara sebagai pangsa pasarnya.

Dengan situasi itu maka tidak mudah bagi wisatawan atau masyarakat berkunjung ke pulau tersebut dan perlu izin berkunjung terlebih dahulu dari pengelola.

Ia mengatakan, pada saat investor menandatangani izin pengelolaan, Kawasan Mandeh belum sepopuler saat ini dan juga pemerintah daerah bekum fokus pada pengembangan pariwisata.

"Kami bukan kecolongan tapi memang pada saat penandatanganan situasi tidak seperti ini. Untuk itu setelah kontrak pengelolaannya habis kami akan mengelolanya," ujarnya.

Menurutnya Pulau Cubadak memiliki luas lebih kurang 705 hektare dan yang dikelola oleh investor hanya seluas lebih kurang 19 hektare di sebelah timur pulau.

Pada sebelah utara pulau terdapat Kampung Kapo-Kapo yang dihuni oleh penduduk sebanyak 24 kepala keluarga dengan mata pencaharian sebagai nelayan.

Penduduk kampung tersebut juga sudah memiliki beberapa rumah singgah dan bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermalam di lokasi. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar