Nagari Cubadak jadi nagari statistik percontohan di Kabupaten Tanah Datar

id Nagari Cubadak,nagari statistik percontohan di Kabupaten Tanah Datar,Bupati Tanah Datar

Nagari Cubadak jadi nagari statistik percontohan di Kabupaten Tanah Datar

Peluncuran Nagari Cubadak sebagai Nagari statistik percontohan di Kabupaten Tanah Datar (Antara/Etri Saputra)  

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menetapkan Nagari Cubadak, Kecamatan Kecamatan Lima Kaum sebagai nagari statistik percontohan dari sebanyak 75 nagari yang ada di kabupaten itu.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Selasa, mengatakan dengan dijadikannya Nagari Cubadak menjadi statistik percontohan adalah sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah Indonesia sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia.

Pelaksanaan nagari statistik di Kabupaten Tanah Datar juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aparatur nagari dalam memahami, mengelola, dan memanfaatkan data statistik seperti data kependudukan, perumahan, lahan pertanian, fasilitas umum dan lainnya.

“Tujuannya agar berbagai program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah di nagari dapat lebih tepat sasaran,” kata Bupati

Ia mengatakan Pemkab Tanah Datar sangat mendukung dan mendorong nagari-nagari lainnya di Tanah Datar untuk menjadi nagari percontohan statistik sejalan dengan program unggulan daerah “Tanah Datar diujung jari”.

“Untuk itu diharapkan kepada nagari untuk dapat melakukan pemutakhiran data setiap saat, hingga tersedia profil nagari secara aktual sehingga mampu menghasilkan data yang valid,” kata Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar, Yusrizal mengatakan ditetapkannya Nagari Cubadak sebagai nagari statistik percontohan dengan memperhatikan kesiapan nagari tersebut dari berbagi aspek.

Seperti aspek leadership, aspek antusiasme, potensi wilayah, infrastruktur, jaringan atau akses internet, dan tapal batas wilayah.

Kegiatan nagari statistik juga bertujuan untuk membentuk nagari menjadi nagari statistik di Kabupaten Tanah Datar dan menjadikan nagari sebagai miniatur penyelenggara statistik dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Wali nagari Cubadak yang telah kurang lebih dua tahun menyiapkan diri menjadi nagari percontohan di Tanah Datar ini,” katanya.

Kepala Dinas Kominfotik Sumatera Barat yang diwakili Oni Fajar Syahdi, mengatakan nagari statistik merupakan terobosan dari Dinas Kominfotik Sumatera Barat yang pertama kali diluncurkan di Kabupaten Dharmasraya pada 2019 dan direplikan ke Kabupaten lainnya.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022