Nagari Cubadak wakili Tanah Datar sebagai nagari berprestasi

id Nagari Cubadak,Nagari Berprestasi

Nagari Cubadak, Kab. Tanah Datar (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar (ANTARA) - Nagari Cubadak, Kecamatan Limo Kaum mewakili Kabupaten Tanah Datar ke tingkat Sumatera Barat dalam rangka lomba Nagari berprestasi 2019.

Ketua Tim penilai nagari berprestasi Azwar di Batusangkar Kamis, mengatakan Nagari Cubadak masuk sebagai nominasi karena memiliki kelebihan serta potensi dibanding Nagari lain di Tanah Datar.

Menurutnya, yang dinilai dalam lomba nagari berprestasi tersebut adalah di bidang kesehatan, bidang ekonomi, PKK, Kamtibmas, pemerintahan, kegiatan kemasyarakatan dan beberapa kegiatan lainnya.

Ia mengaku akan meninjau kembali kelapangan untuk menyesuaikan antara video yang telah diperlihatkan kepadanya sesuai dengan inovasi yang telah dilakukan.

"Sehingga antara data yang ditampilkan dan diperlihatkan kepada kami dengan kondisi dilapangan harus sesuai beserta dengan inovasi yang telah dilakukan," katanya.

Sementara wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan ditunjuknya Nagari Cubadak mewakili Tanah Datar dalam lomba nagari berprestasi sudah melalui proses yang panjang.

"Dari 75 nagari di Tanah Datar, maka Nagari Cubadak lah yang terbaik dan pantas untuk maju ketingkat propinsi, dan diharapkan juga dapat mewakili Sumatera Barat ketingkat nasional," katanya.

Wali Nagari Cubadak Asrizallis menyampaikan, Nagari Cubadak menjadi nagari percontohan karena banyak kelebihan dari nagari lainnya di Tanah Datar, yakni dengan memiliki lima pilar program.

Yaitu shalat berjamaah lima waktu di masjid dan surau, prilaku hidup bersih, sehat dan terarur serta budayakan gotong-royong, pendidikan (satu rumah satu sarjana), bekerja dan mencari nafka sebagai ladang ibadah dan pembangunan prioritas.

Ia mengaku, kedepannya pemerintah nagari juga akan mewujudkan program kabupaten tahfiz dengan satu rumah satu hafiz serta berbagai inovasi juga dilakukan diantaranya dibidang pertanian dengan memiliki pabrik pengolakan minyak serai wangi dan destinasi wisata.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar