Komisi IX DPR Nilai RSUD Batusangkar Perlu Perhatian Khusus

id Pelayanan pasien

Komisi IX DPR Nilai RSUD Batusangkar Perlu Perhatian Khusus

Ilustrasi, pelayanan pasien. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Komisi IX DPR RI menilai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ali Hanafiah Batusangkar, Tanah Datar, perlu perhatian khusus dalam melengkapi sarana dan prasarana sehingga mampu melayani kesehatan masyarakat dengan baik.

Setelah kita meninjau langsung kondisi gedung, sarana dan prasarana pendukung kesehatan, maka dapat disimpulkan RSUD Ali Hanafiah Batusangkar perlu perhatian khusus, kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Syamsul Bachri di Batusangkar, Jumat.

Rombongan Komisi IX DPR yang mengunjungi RSUD Batusangkar dalam rangka kunjungan kerja spesifik itu diantaranya Betty Shadiq Pasadigoe, Suir Syam, Verna Gladies Merry Inkiriwang, Khaidir, Handayani, Adang Sudrajat, dan Siti Mufattahah.

Rombongan Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan dan tenaga kerja itu tiba di Batusangkar disambut Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Wabup Zuldafri Darma, Anggota DPRD Syamsul Bahri, Afrizal Moetwa, Kapolres AKBP Irfa Asrul Hanafi, Kajari M. Fatria, Dirut RSUD Batusangkar Afrizal Hasan, dan pimpinan SKPD.

Syamsul menyebutkan saat ini Kementerian Kesehatan mencatat masih tinggi angka kematian ibu dan anak akibat minimnya infrastruktur dan sumber daya manusia di RSUD.

"Untuk itu, perlu dipacu kelengkapan infrastruktur yang kurang memadai di RSUD yang ada di kabupaten," katanya.

Ia mengatakan Komisi IX akan berupaya menganggarkan dana pada APBN Perubahan 2017 atau APBN 2018 untuk melengkapi infrastruktur rumah sakit sehingga pelayanan kesehatan masyarakat dapat berjalan baik.

Sementara itu, Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan kondisi RSUD Ali Hanafiah Batusangkar masih banyak kekurangan infrastruktur sehingga pelayanan kesehatan masyarakat kurang berjalan dengan baik.

"Untuk itu, kita berharap Komisi IX DPR dapat menyampaikan aspirasi kepada pemerintah pusat membantu anggaran guna membangun rumah sakit yang lebih representatif," katanya.

Direktur RSUD Ali Hanafiah Batusangkar Afrizal Hasan menyebutkan saat ini rumah sakit memiliki belasan dokter spesialis dan umum dengan kunjungan pasien setiap hari sekitar 300-400 orang setiap hari.

"Kunjungan itu menunjukan tingkat kepercayaan warga berobat ke rumah sakit cukup tinggi namun perlu ditunjang fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dan memadai sehingga seluruh pasien dapat terlayani dengan baik," katanya. (*)