Camat Sungayang Diminta Kembangkan Potensi Perantau

id Zuldafri Darma

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma meminta Camat Sungayang dapat mengembangkan potensi para perantau daerah itu untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wabup saat menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Camat Sungayang dari pejabat lama Liza Martini kepada pejabat baru Aslamudin di Gedung Pertemuan Nagari Sungayang, Rabu.

"Perantau Sungayang sudah banyak yang berhasil di segala bidang, untuk itu kita harus merangkul mereka ikut berpartisipasi membangun daerah," katanya.

Ia memberikan contoh atas kemajuan Nagari Sungayang saat ini yang tidak terlepas dari peran perantau membangun daerahnya.

Wabup mengharapkan camat mampu menjalin komunikasi dan silaturahim dengan mengajak para perantau ikut terlibat dalam setiap pembahasan dan perencanaan pembangunan sehingga mereka merasa memiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wabup juga mengingatkan camat bersama Forkopimca Sungayang untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial masyarakat yang banyak terjadi akhir-akhir ini seperti tindakan asusila, maksiat, pergaulan bebas, penyalahgunaan Narkoba, dan perbuatan negatif lainnya.

Di sisi lain, kepala daerah mengharapkan camat dapat mengawal dan mengawasi pengelolaan dana nagari untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat sebanyak 30 persen dari total dana nagari.

Ia mengatakan tantangan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat ke depan cukup berat sehingga dituntut kinerja pejabat lebih maksimal.

"Pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat merupakan tanggung jawab kita bersama, maka pejabat daerah harus merangkul seluruh komponen masyarakat," katanya.

Sementara itu, Camat Sungayang Aslamudin meminta seluruh komponen masyarakat dapat memberikan dukungan pemikiran dan moril dalam rangka melaksanakan tugasnya di Kecamatan Sungayang.

"Kami tidak akan mampu mengemban beban berat yang diamanahkan ini tanpa adanya dukungan penuh dari seluruh komponen masyarakat dan yang terpenting saran dan kritik untuk kebaikan daerah ini ke depan," katanya.

Hadir dalam acara sertijab tersebut Staf Ahli Bupati Zulkifli, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kepala BPBD Indra Kesuma, para kepala dinas, camat, Danramil Kapten Kav. Syamsinir, Kapolsek Ipda Irwan, wali nagari, para guru dan pejabat yang dilantik beserta keluarga. (*)