Masa kepemimpinan berakhir, Zuldafri Darma serahkan jabatan ke Plh Bupati Tanah Datar

id berita tana datar,berita sumbar,bupati

Masa kepemimpinan berakhir, Zuldafri Darma serahkan jabatan ke Plh Bupati Tanah Datar

Serah terima jabatan Bupati Tanah Datar, ke Plh Bupati Irwandi. (antarasumbar/Humas Tanah Datar)

Selama kepemimpinannya sesuai visi misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 ada empat yang menjadi prioritas pembangunan
Batusangkar (ANTARA) - Bupati Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma resmi mengakhiri masa jabatannya dan menyerahkannya ke pelaksana harian (Plh) Irwandi dalam seremoni serah terima jabatan yang digelar di Gedung Nasional Batusangkar, Rabu.

Penunjukan Sekretaris Daerah (sekda) Irwandi selaku pelaksana harian Bupati Tanah Datar sesuai dengan radiogram yang dikirimkan Plh. Gubernur Sumatera Barat dengan nomor T.120/86/PEM-2021 tanggal 15 Februari 2021.

Bupati Tanah Datar sisa masa jabatan 2016-2021 Zuldafri Darma dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama seluruh pihak dalam menjalankan amanah bersama almarhum Bapak Irdinansyah Tarmizi.

Selama kepemimpinannya sesuai visi misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 ada empat yang menjadi prioritas pembangunan.

Yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan sektor pertanian, peningkatan sektor pariwisata dan peningkatan pelayanan publik.

Ia mengatakan untuk peningkatan SDM, salah satu yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Tanah Datar menjelang berakhir masa jabatannya adalah beralihnya nama IAIN Batusangkar menjadi Universitas Islam Negeri Batusangkar.

Selain itu meningkatnya jumlah rumah tahfiz yang sudah mencapai 213 unit yang mana sebelumnya hanya berjumlah enam unit saja.

Selama kepemimpinanya juga berbagai prestasi diraih hingga mencapai hampir 150-an penghargaan, seperti piala adipura, piala wahana tata nugraha, wajar tanpa pengecualian (WTP), penghargaan pembangunan daerah dan lainnya.

"Ini adalah buah kerja keras dari semua pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Tanah Datar, tanpa dukungan dan kerjasama yang baik tidak ada yang akan bisa diperbuat," katanya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk mendukung bupati dan wakil bupati Tanah Datar terpilih pada pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020.

"Mari kita dukung bupati dan wakil terpilih yang sudah menjadi pilihan masyarakat pada pemilu serentak 9 Desember 2020 agar visi-misi yang dituangkan di dalam program-program dan kegiatan nantinya dapat terlaksana dengan baik," katanya.

Sementara Plh Bupati Tanah Datar, Irwandi mengucapkan terima kasih atas pengabadian dan dedikasi untuk pembangunan Tanah Datar serta capaian dan prestasi yang telah diraih.

Ia berharap proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tanah datar periode 2021-2026 dapat segera dilaksanakan dengan lancar agar tidak menggangu roda pemerintahan.

Karena selaku pelaksana harian banyak tugas dan kewenangan yang tidak dapat dilakukan sepenuhnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Meski demikian belum dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih bukan berarti menghambat dan menghentikan roda pemerintahan. Menunggu waktu itu ia tetap bekerja menjalankan program dan kegiatan yang telah dirancang sesuai aturan yang berlaku.