Pemkot Pariaman Masih Izinkan Penyeberangan ke Pulau

id angso duo

Pulau Angso Duo Pariaman. (ANTARA FOTO)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), masih mengizinkan kapal wisata untuk melakukan penyeberangan ke objek wisata Pulau Angso Duo terkait cuaca yang masih fluktuatif.

"Kondisi cuaca memang masih berfluktuatif, namun hingga saat ini pemerintah setempat masih mengizinkan kapal wisata yang akan membawa wisatawan ke pulau," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dishubkominfo) setempat, Yota Balat di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan terkait cuaca yang masih berfluktuatif tersebut, pihaknya tetap melakukan koordinasi langsung dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan BPBD setempat.

"Untuk memastikan penyeberangan wisatawan ke pulau aman dan lancar, semua harus dilakukan dengan Standar Operasional Prosedur serta melakukan koordinasi dengan dinas terkait," ujarnya.

Selain itu, sebutnya jika cuaca tidak memungkinkan para pengusaha kapal wisata tidak diizinkan mengangkut penumpang.

Ia menyebutkan hingga saat ini pemerintah daerah mencatat sebanyak 30 kapal wisata yang sudah memiliki izin resmi yang dikeluarkan dinas terkait.

"Seluruh kapal wisata tersebut telah memiliki izin resmi yang disertai pas biru dan pas kecil, namun kami tidak menampik kemungkinan kapal ilegal yang berlayar ada," ujarnya.

Terkait jam kunjungan ke pulau, ujarnya pihaknya menegaskan seluruh wisatawan dan pengusaha kapal hanya diizinkan hingga pukul 16.00 Wib.

Ia menambahkan hingga saat ini, dinas terkait belum memiliki kapal patroli khusus untuk mengawasi dan mengontrol para wisatawan yang berwisata ke pulau.

"Untuk fasilitas kapal patroli memang belum ada, namun pemerintah daerah tetap berupaya melakukan pengawasan maksimal dengan menggunakan kapal milik Dinas Kelautan dan Perikanan serta BPBD," tambahnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar