Realisasi Retribusi Kebersihan Padang Mencapai 87 Persen

id Retribusi Kebersihan

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Al Amin mengatakan realisasi retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor kebersihan mencapai 87 persen hingga akhir November 2016.

"Hingga akhir November 2016 telah diperoleh 87 persen dari target Rp8 miliar dan kami optimis dapat mencapai target keseluruhan hingga akhir Desember," kata dia di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan capaian PAD dari sektor kebersihan terdiri atas perolehan retribusi sampah, pemakaman umum serta pengelolaan tinja.

"Kami masih mengupayakan agar tiga aspek itu dapat mencapai target," ujarnya.

Menurutnya, secara umum perolehan PAD terbesar berasal dari retribusi sampah, namun pihaknya akan memaksimalkan serta mengevaluasi kembali capaian pada retribusi pemakaman umum.

Apalagi, katanya, saat ini masih banyak pemakaman umum yang tidak membayarkan retribusinya.

"Nanti akan kami cek kembali, termasuk pula pengelolaan tinja akan lebih diperhatikan dan masyarakat diimbau untuk benar-benar sadar kebersihan," katanya.

Ia menegaskan sebenarnya masih banyak potensi PAD yang belum tergali maksimal sehingga ke depannya lebih dioptimalkan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Selain itu, ia menyebutkan untuk target PAD dari berbagai sektor yang menjadi tanggung jawab DKP Padang pada 2017 naik sebesar Rp1,6 miliar dari target pada 2016.

"Pada 2017 ditargetkan Rp9,6 miliar dan kami optimis untuk pencapaian tersebut," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Kota Padang, Erisman mengatakan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hendaknya dapat memaksimalkan setiap upaya dalam pencapaian target pemasukan untuk daerah.

Menurutnya, masih banyak sumber pendapatan yang belum digali maksimal sehingga hendaknya pada tahun anggaran 2017 direalisasikan. (*)