Pemkot Pariaman minta seluruh pihak jadi kontributor kebersihan pariwisata

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman minta seluruh pihak jadi kontributor kebersihan pariwisata

Sejumlah peserta aksi membersihkan sampah di objek wisata Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumbar pada Senin (16/10) terlihat membawa plastik berisi sampah yang sudah dipungut. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) meminta seluruh pihak baik warga maupun wisatawan menjadi kontributor menjaga lingkungan dan kebersihan pariwisata di daerah yang dikenal sebagai Kota Tabuik tersebut.

"Saya mengajak seluruh pihak, mari bersama-sama menjadikan diri kita sebagai kontributor dan model dari upaya menjaga lingkungan," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan dengan objek wisata bersih dan indah maka pariwisata bisa menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi daerah yang hal itu sejalan dengan visi dan misi daerah yaitu menjadikan Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif.

Menurutnya visi dan misi tersebut dapat tercapai jika objek wisata di Pariaman bersih dan indah serta ditambah dengan masyarakat memiliki keramahtamahan yang baik.

"Itu akan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Pariaman. Oleh karena itu kita harus memiliki semangat untuk mewujudkan itu semua," katanya.

Ia menegaskan mewujudkan kebersihan objek wisata bukan saja tugas pemerintah namun juga seluruh lapisan masyarakat yang ada di Pariaman.

Oleh karena itu pada Senin (16/10) Pemkot Pariaman bersama Palang Merah Indonesia, Pramuka, mahasiswa, dan siswa di daerah itu melaksanakan aksi bersih Pantai Gandoriah.

"Itu merupakan salah satu cara edukasi untuk masyarakat dan pengunjung yang berwisata ke Pariaman, agar selalu membiasakan menjaga lingkungan dan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Ia mengatakan diperlukan kesadaran dari masyarakat, pelaku usaha, dan wisatawan di Pariaman khususnya di objek wisata untuk ikut menjaga kebersihan agar destinasi wisata yang dituju nyaman dikunjungi serta dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di daerah itu.

Diketahui kegiatan itu diikuti 100 orang di antaranya berasal dari Stikes Piala Sakti, Universitas Sumbar, serta anggota PMR dan Pramuka yang berasal dari SMA 1 Pariaman, SMA 2 Pariaman, SMA 3 Pariaman dan SMK 2 Pariaman.