Limo Kaum Juara Umum MTQ Ke-39 Tanah Datar

id MTQ, Tanah Datar, Juara Umum

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kecamatan Limo Kaum meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-39 Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), 21 sampai 26 Agustus 2016 yang digelar di Kecamatan Sungayang.

Koordinator Dewan Hakim MTQ ke-39, Masnefi di Sungayang, Jumat menyampaikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dewan Hakim Nomor 02/Kpts/DH/MTQ-XXXIX/2016 menyatakan kafilah yang meraih Juara I adalah Kecamatan Limo Kaum, kemudian Juara II Kecamatan Lintau Buo Utara, dan Juara III Kecamatan X Koto.

Ia menyampaikan untuk Juara Harapan I diraih Kecamatan Rambatan, Juara Harapan II Kecamatan Batipuh, dan Juara Harapan III Kecamatan Sungai Tarab.

Kegiatan MTQ ke-39 ini ditutup Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit pada Kamis (25/8) malam dengan penampilan final cabang lomba Tilawah Dewasa sebanyak enam qori/qoriah serta tari kolosal seni tradisional Minangkabau di Lapangan Pulai Nagari Sungayang yang disaksikan ribuan warga dan para kafilah.

Abit mengatakan negara saat ini sedang gencar melakukan revolusi mental agar generasi muda memiliki akhlak dan prilaku yang baik.

"Dengan ajang MTQ ini merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk merevolusi mental masyarakat untuk terhindar dari perbuatan negatif seperti penyalahgunaan Narkoba, prilaku seks menyimpang (LGBT), pelecehan seksual, dan kekerasan dalam rumah tangga," tambahnya.

Wagub berharap Tanah Datar dapat menjadi Kabupaten Tahfizd Al Quran yang telah dicanangkan pemerintah daerah dengan terus mengelorakan dan mensyiarkan ajaran Islam di tengah mesyarakat.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi keterlibatan seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dan mendukung secara moril dan materil untuk menyukseskan jalannya pelaksanaan MTQ ke-39 ini.

"Dalam menghadapi ajang MTQ Nasionl tingkat Sumbar mendatang, kita sudah bertekad tidak akan mengirim kafilah dari luar daerah Tanah Datar, maka perlu disiapkan para kafilah yang menjadi juara ini semaksimal mungkin," tegasnya.

Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, Malikia juga memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara karena baru kali ini acara pentupan MTQ tingkat kabupaten dilaksanakan di lapangan terbuka dan berlangsung meriah dihadiri ribuan masyarakat.

Ia mengharapkan agar Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk segera melaksanakan pemusatan latihan (TC) terhadap para kafilah guna persiapan menghadapi MTQ Naional tingkat Provinsi Sumbar mendatang. (*)