36 Warga di Solok Dievakuasi Akibat Banjir

id Kabupaten Solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - Sebanyak 36 warga Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dievakuasi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan itu mulai merendam permukiman mereka pada Rabu malam (24/8).

"Akses jalan menuju daerah itu juga sudah tertutup oleh banjir bercampur lumpur," kata Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar di Lubuk Selasih, Kamis.

Ia menyebutkan pihaknya mengevakuasi warga ini sebagai langkah antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, karena sebelumnya mereka pernah terjebak banjir.

"Kita juga khawatir terjadi banjir bandang, makanya untuk sementara warga kita evakuasi dari kediaman mereka di Bukit Subang," kata dia.

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin yang langsung memantau proses evakuasi ikut memperingatkan warga setempat untuk waspada.

"Masyarakat lebih baik waspada dan pemerintah akan menjaga keamanan rumah masyarakat yang ditinggalkan mengungsi," ucapnya.

Sebelumnya Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiaji juga memperingatkancurah hujan yang berlangsung lama dengan intensitas yang tidak merata, ditambah kondisi Sumbar yang rawan banjir dan longsor seharusnya dapat membuat masyarakat terus siap siaga. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar