Sejumlah OKP Dukung KNPI Kepengurusan Defika Yufiandra

id Kisruh, KNPI, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan dukungannya sekaligus pengakuan kepada Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbar yang diketuai Defika Yufiandra, hasil Musyawarah Daerah (Musda) pada September 2014.

"Empat OKP dibawah naungan Muhammadiyah, sepakat tetap mendukung KNPI yang proses pemilihan jelas dan dipilih secara bersama-sama pada Musda di Lubuk Sikaping, Sumbar, pada 2014 lalu," ujar Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumbar, Muhayatul, dalam pertemuan OKP yang digelar di padang, Kamis malam.

Pertemuan tersebut digelar menyikapi munculnya KNPI baru di daerah itu.

"Pokoknya kami fokus untuk mengawal dan menyukseskan kepengurusan sekarang, hingga akhir periode yaitu 2017 mendatang," tambahnya.

Hal yang sama juga ditegaskan Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Sumbar (AMPI) Sumbar, Syofrion. Ia mengaku enggan membahas KNPI yang baru di Sumbar itu.

"Sebagai organisasi tentu ada aturan, dan proses setiap yang dilakukan. Seperti kepengurusan KNPI Defika Yufiandra, yang jelas dari hasil Musda Lubuk Sikaping terpilih secara aklamasi, dan calon lainnya diakomodir sebagai sekretaris dan bendahara," sebutnya.

Musda itu, lanjutnya, juga dihadiri oleh 62 OKP, serta 19 DPD KNPI dari kabupaten/kota di Sumbar.

"Jadi munculnya kepengurusan KNPI lain tidak perlu dihiraukan. Tak ada dualisme, karena ada Anggaran Dasar (AD) Anggaran Rumah Tangga (ART) yang jelas mengatur organisasi," terangnya.

Sementara Ketua Angkatan Muda Tarekat Islam (AMTI) Sumbar, Yohanes Wempi menambahkan, kepengurusan yang dipimpin Defika Yufiandra juga sesuai dengan AD/ART organisasi yang ada, melalui Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda).

Musda XII yang digelar juga telah sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, yang mengamanatkan umur Ketua KNPI harus di bawah 30 tahun. Sementara Defika Yufiandra saat itu masih berumur 27 tahun.

"Jadi biar saja kalau ada KNPI lain yang muncul, selagi tidak mengganggu program dan kepengurusan yang ada saat ini," katanya.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh OKK Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (FKPPI) Sumbar, Yusac David, dalam pertemuan itu.

Termasuk Sekretaris Angkatan Muda Kabah (AMK) Sumbar, Masrizal, yang mewadahi seluruh seluruh OKP di bawah PPP Sumbar. Wakil Ketua Gerakan Pemuda Alwashliyah Sumbar Jonpri. (*)