Disdikbud Sumbar: Sejarah Media untuk Mengenali Identitas

id Disdikbud Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sumatera Barat, Syamsulrizal mengatakan salah satu fungsi sejarah Minangkabau adalah sebagai media pendidikan bagi generasi muda guna mengenali identitas diri.

"Kami berharap sejarah-sejarah yang ada di Minangkabau ini dapat dikenal dan dipelajari oleh seluruh pelajar di Sumbar," katanya dalam acara Forum Diskusi Kerajaan-kerajaan Minangkabau di Museum Adityawarman Padang, Selasa.

Ia menambahkan pembelajaran ini nantinya diharapkan sebagai wadah bagi generasi muda Sumbar dalam mengenali budaya dan sejarah nenek moyang mereka.

Saat ini kata dia, beberapa peninggalan sejarah masih bisa disaksikan sebagai bukti dari adanya kebudayaan masyarakat Minangkabau di masa lampau.

Dari data yang ada, terdapat 11 kerajaan di Minangkabau, bahkan hinga saat ini kerajaan-kerajaan tersebut masih memiliki keturunan yang jelas.

Ia menjelaskan pihaknya sudah menghimpun seluruh aspek kebudayaan Ranah Minang, dan di dalamnya terdapat aspek-aspek kebudayaan yang ada di Sumbar.

"Semuanya sudah selesai dirangkum, akan tetapi setelah diperiksa, ternyata masih terdapat beberapa hal yang belum lengkap, selanjutnya akan diperbaharui lagi," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi Sumbar, Ali Asmar mengatakan, bahwa Forum Diskusi Kerajaan-kerajaan Minangkabau bisa menjadi sarana untuk mengetahui sejarah Minangkabau.

Ia menambahkan dari acara ini kita dapat melihat sudah sejauhmana masyarakat Sumatera Barat mengetahui sejarah negeri mereka sendiri.

"Kami berharap acara ini bisa menjadi sumber informasi bagi masyarakat tentang sejarah Minangkabau," katanya. (*)