Pesisir Selatan : Bukik Ameh Tingkatkan Popularitas Mandeh

id Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Hendrajoni mengatakan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di objek Wisata Mandeh akan meningkatkan popularitas kawasan itu baik di kancah nasional maupun mancanegara.

"Sesuai rencana di KEK itu akan dibangun lapangan golf, hotel berbintang dan bangunan lain yang akan menunjang pariwisata," tambah dia di Painan, Kamis.

Ia menjelaskan, dengan terlaksananya pembangunan itu, wisatawan yang berkunjung ke Mandeh tidak hanya disuguhkan pemandangan alam namun juga dimanjakan oleh fasilitas mewah.

Untuk menunjang pelaksanaan KEK pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 400 hektare dan berkat dukungan dari masyarakat pembebasan lahannya telah dilakukan.

"Kami mengapresiasi tokoh masyarakat di Kawasan Wisata Mandeh, dengan bantuan mereka lahan seluas 400 hektare siap digarap," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengemukakan salah satu syarat membangun KEK adalah ketersediaan lahan, karena syarat itu sudah dipenuhi oleh Pesisir Selatan.

Ia pun optimis pembangunan itu dilaksanakan disana.

"Awalnya ada sejumlah daerah yang mengajukan diri untuk membangun KEK seperti Pesisir Selatan, Dharmasraya, Sijunjung, dan Mentawai," ujarnya.

Namun, dalam perkembangannya Pesisir Selatan dinilai paling siap sehingga pihaknya mendorong kabupaten itu untuk menyiapkan hal-hal yang dianggap penting.

"Kami siap mengawal hingga ke Jakarta untuk itu kami minta kesiapan kabupaten setempat," ungkapnya. (*)