Pemkab Dharmasraya akan Bagikan Bibit Buah-Buahan

id Pembagian, Bibit, Dharmasraya

Pulau Punjung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan membagi-bagikan 12.000 bibit buah-buahan untuk membantu petani memanfaatkan lahan yang tidak berfungsi.

"Bibit itu di antaranya, 3.000 batang bibit duku, 3.000 batang bibit jeruk, dan 6.000 batang bibit salak pondo," kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Afdal Jp Tamsin, di Pulau Punjung, Kamis.

Program ini memakai anggaran sebanyak Rp300 juta bersumber dari Anggaran Perencanaan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dharmasraya 2016, kata dia.

Ditargetkan penyebaran bibit gratis dapat dituntaskan dan diserahkan kepada masyarakat pada akhir Juli mendatang, lanjutnya.

"Dananya sudah ada, secepatnya kita serahkan ke petani," ujarnya.

Dia mengatakan, petani di daerah itu diharapkan dapat memanfaatkan kekayaan alam dengan bercocok tanam, seperti menanam jeruk, duku, dan salak.

Sebab pertanian itu tidak hanya bertaman padi, terusnya, akan tetapi pemanfaatan lahan hortikultura juga memiliki prospek baik kedepannya.

"Diharapkan program ini dapat meningkatkan sumber kekayaan petani," katanya.

Dia menjelaskan, 3.000 bibit duku gratis itu dibagikan ke enam kelompok tani yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Koto Baru, Tiumang, Koto Salak.

Kemudian, 3.000 bibit jeruk akan berikan kepada dua kelompok tani di Kecamatan Sitiung dan Pulau Punjung.

Lalu, 6.000 bibit salak gartis akan diterima kelompok tani di Kecamatan Koto Salak, Sitiung, dan Sungai Rumbai. (*)