Pemkab Solok Selatan bagikan 2.600 bibit durian

id Pemkab, Solok Selatan, bagikan 2.600, bibit durian,Solok selatan bagikan bibit durian,solok selatan

Pemkab Solok Selatan bagikan 2.600 bibit durian

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi foto bersama dengan tokoh masyarakat dan pelajar usai membagikan bibit durian, di Padang Aro, Kamis. Antara/Erik

Solok Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat membagikan 2.600 Batang bibit durian unggul jenis musang king, bawor dan otong kepada pelajar tingkat SD hingga SMA.

"Kami ingin menjadikan durian sebagai salah satu daya tarik wisata Solok Selatan sehingga bermanfaat untuk perekonomian masyarakat," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Kamis.

Untuk mempromosikan durian Solok Selatan, Pemerintah Daerah sudah tiga kali melakukan festival durian sebagai salah satu ajang promosi

Selain itu, Pemkab mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengolah durian menjadi berbagai jenis penganan yang bernilai jual.

Pelaku UMKM katanya, terus didorong agar tumbuh dan berbagai bantuan sudah diberikan Pemkab guna mengembangkan potensi UMKM.

"Jadi hilirisasi durian ini bermanfaat bagi ekonomi masyarakat dan pemerintah mendorong UMKM untuk berinovasi agar durian memiliki nilai tambah," katanya.

Tiga jenis bibit durian yang dibagikan merupakan jenis unggul dan banyak diminati oleh masyarakat sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Selain itu pembagian bibit durian ke pelajar juga untuk mengedukasi gemar menanam dan melindungi lingkungan.

Durian jenis bawor, musang king dan otong yang dibagikan sudah berbuah dalam tiga tahun sehingga saat pelajar SMA tamat sekolah mereka sudah bisa menikmati hasilnya.

"Pembagian bibit durian kepada pelajar untuk mengajak generasi muda agar gemar menanam sejak dini," ujarnya.