Unand akan Berdayakan Dosen Berkarya Inovatif

id Unand, Dosen, Berkarya Inovatif

Unand akan Berdayakan Dosen Berkarya Inovatif

Unand.

Padang, (AntaraSumbar) - Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Prof Tafdil Husni, mengatakan akan memberdayakan dosen agar berkarya penelitian yang kreatif dan inovatif.

"Selama ini dosen di Unand cukup banyak melakukan penelitian dan publikasi secara ilmiahnya juga telah malang melintang di berbagai jurnal, namun secara aplikasi masih segelintir," ujar dia, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan beberapa upaya memberdayakan dosen lebih inovasi dalam penelitian yakni membuka kesempatan seluas mungkin dalam hal donatur atau pendukung dana penelitian.

Dalam hal ini Unand secara terbuka akan menerima semua dukungan yang diberikan berbagai instansi dalam pengembangan penelitian.

Kemudian, pihaknya mengupayakan pemberian kemudahan fasilitas untuk penelitian seperti peralatan maupun laboratorium.

Pelaksanaan lebih lanjut akan menjadi fokus kajian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), sebutnya.

"Dalam menginovasi dosen tersebut juga akan dibuka kesempatan untuk studi banding, atau melanjutkan sekolah dengan perguruan tinggi lain," kata dia.

Untuk melancarkan hal tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti di Jepang, Australia, Tiongkok, Malaysia dan Amerika Serikat.

Bahkan kerja sama dengan Amerika Serikat cukup terjalin baik dengan adanya Pojok Amerika di kampus yang kegiatannya cukup aktif memotivasi dan menginovasi mahasiswa dan dosen, tambahnya.

"Upaya penting untuk pemberdayaan ini yakni melakukan evaluasi pada periode tertentu," ujar dia.

Hal ini telah dilakukan Unand lewat Konferensi Klaster riset berkelanjutan yang dimulai sejak 11 April 2016 lalu, dan saat ini sedang dilaksanakan.

Dalam kegiatan tersebut dosen akan diuji kemampuan penampilan hasil karya sekaligus pertanggung jawabannya.

Terakhir, kata dia upaya Unand yakni mengenalkan hasil penelitian untuk teraplikasi di masyarakat.

Sementara itu salah satu dosen muda Unand, Ferawati berharap dalam melakukan pemberdayaan dosen, Unand tidak lepas tangan begitu saja.

Artinya Unand tetap mengawal pergerakan dan kegiatan penelitian dosen tersebut, sebab dosen muda masih perlu mendapat bimbingan untuk lebih maju, tambahnya. (*)