Sampah Menumpuk di Pantai, DKP Padang Siap Kerja hingga Malam

id Sampah, Pantai Padang, Dinas Kebersihan dan Pertamanan

Padang, (AntaraSumbar) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang akan segera membersihkan pantai dari tumpukan sampah hingga malam setelah armada angkutan tidak terjebak banjir.

"Sampah yang menumpuk di sepanjang garis pantai akan segera diangkut saat truk pengangkut sampah tidak lagi terkurung di pangkalannya," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang Afrizal Khaidir di Padang, Selasa.

Ia mengatakan saat ini 50 truk pengangkut sampah DKP terkurung di pangkalannya di kawasan Bypass atau depan Universitas Baiturrahmah akibat banjir yang melanda daerah itu.

Menurutnya, seluruh truk masih tertahan dan tidak bisa keluar karena banjir. Saat air surut semua akan berjalan normal kembali termasuk pengangkutan sampah di Pantai Padang.

"Kami akan maksimalkan pekerjaan nanti. Kalau perlu hingga malam sampai semua benar-benar bersih," ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat Padang bersabar karena kondisi tersebut tidak dapat terhindarkan.

Kondisi saat ini ialah sampah tidak hanya menumpuk di sepanjang Pantai Padang, melainkan sampah se-Kota Padang memang belum bisa diangkut.

"Masyarakat diharapkan bersabar dulu, dan diharapkan juga turut membantu untuk memaksimalkan kebersihan Kota Padang," ujarnya.

Terdapat banyak sampah yang menumpuk di sepanjang pantai, terutama di kawasan sekitar landmark Muaro Lasak.

Salah seorang warga setempat Jumaidi (41) mengatakan tumpukan sampah itu terjadi karena derasnya hujan yang melanda daerah itu pada Selasa dini hari.

"Derasnya hujan dan besarnya gelombang laut menyebabkan semua sampah dibawa ke tepi pantai sehingga menumpuk," ujarnya.

Menurutnya, banyaknya tumpukan sampah itu sebenarnya sebagai gambaran tidak taatnya warga Padang dalam membuang sampah.

"Tidak bisa menyalahkan pemerintah karena belum mengangkutnya. Ini sampah yang dibuang warga kota sembarangan," katanya.

Namun ia berharap hujan dapat segera reda dan banjir di pangkalan mobil pengangkut sampah cepat surut agar kawasan pantai kembali bersih. (cpw)