Kunjungan ke Pantai Sasak Pasaman Barat capai 52 ribu selama Lebaran

id Kunjungan ke Pantai Sasak

Kunjungan ke Pantai Sasak Pasaman Barat capai 52 ribu selama Lebaran

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto (enam dari kanan) bersama unsur terkait mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan pelaksanaan pesta Pantai Sasak selama libur Lebaran 2024. ANTARA/HO-Diskominfo Pasaman Barat

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kunjungan ke objek wisata Pantai Sasak di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat selama libur Lebaran 2024 mengalami peningkatan dibandingkan libur Lebaran 2023 dari 42 ribu menjadi 52 ribu orang.

"Terjadi peningkatan kunjungan. Tentu ini pertanda objek wisata Pohon Seribu dan Muaro Sasak diminati wisatawan tahun ke tahun," kata Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya, keindahan pantai di Pasaman Barat sudah terbukti, karena setiap tahunnya selalu ada peningkatan kunjungan wisata di objek wisata pantai daerah ini.

Selain Pantai Sasak, juga ada Pantai Sikabau di Kecamatan Koto Balingka dan Pantai Air Bangis di Kecamatan Sungai Beremas.

"Pesona keindahan alam selalu dirindukan oleh wisatawan. Sebelumnya, masyarakat berbondong-bondong ke Pariaman, Padang, dan Bukittinggi untuk libur Lebaran. Sekarang kami bangga banyak masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pasaman Barat," katanya pula.

Ia menyebutkan sebagai daerah wisata tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. Selain pelayanan kepada pengunjung wisatawan, terkait dengan infrastruktur juga harus dilengkapi.

"Kepada masyarakat kami yang berdagang tentunya kami mengharapkan pelayanan yang baik kepada pengunjung. Kenyamanan yang utama bagi wisatawan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada TNI, Polri dan stakeholder terkait lainnya yang telah memberikan kenyamanan kepada pengunjung," ujarnya lagi.

Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Pariwisata juga akan terus membenahi infrastruktur di objek wisata secara bertahap.

"Selain infrastruktur juga sosialisasi sadar wisata akan terus ditingkatkan kepada masyarakat, agar kenyamanan dan keamanan pengunjung lebih ditingkatkan," ujar dia.

Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat Endra Yama Putra mengucapkan terima kasih kepada pemuda yang telah mendukung wisata Pantai Sasak.

Ia berharap pengunjung Pantai Muaro Sasak dan Pohon Seribu itu merata dan semakin meningkat.

"Jangan hanya Pohon Seribu saja yang padat. Tentunya ini perlu perhatian pemuda dan pedagang. Karena efeknya juga kepada pedagang dalam peningkatan ekonomi masyarakat di sana," katanya.

Ia menekankan Dinas Pariwisata agar bisa meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata, sehingga ada kemajuan dan perkembangan pada sektor pariwisata di Pasaman Barat.

Pada libur Lebaran 2024 Pemkab Pasaman Barat bersama Nagari (Desa) Sasak dan pemuda melaksanakan pesta pantai atau pesta rakyat di Pohon Seribu dan Muaro Sasak sejak Kamis (11/4) sampai Minggu (14/4).