Puluhan pemuda kawal dan sukseskan pesta Pantai Sasak

id Pengamanan pesta pantai,Pasaman Barat, Sumbar, pantai Sasak

Puluhan pemuda kawal dan sukseskan pesta Pantai Sasak

Sejumlah pemuda Nagari Sasak Kabupaten Pasaman Barat saat ikut mengawal dan mengatur pengunjung masuk ke Pantai Sasak bersama petugas TNI Polri dan Satpol PP, Jumat (12/4/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Puluhan pemuda pemudi di lokasi objek wisata Pohon Seribu Pantai Sasak Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dikerahkan bergabung bersama personel TNI Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja mengatur kelancaran pesta pantai di daerah itu sejak Kamis (11/4).

Ketua Panitia Pesta Pantai Sasak Pasrial di Simpang Empat, Jumat, mengatakan ingin pelaksanaan pasta pantai sata libur Lebaran berjalan aman dan lancar.

Dalam pelaksanaan pesta pantai itu pihaknya melakukan antisipasi penumpukan pengunjung di pintu masuk atau panitia pemungutan karcis di beberapa pos masuk dan keluar.

Ia mengimbau pengunjung memanfaatkan pos baru dan masuk satu arah agar tidak terjadi penumpukan atau kemacetan.

"Sejak kemarin ribuan pengunjung mulai berdatangan ke Pantai Sasak terutama Kawasan Pohon Seribu dan Muaro Sasak. Diperkirakan puncak kunjungan akan terjadi pada Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4)," katanya.

Menyikapi padatnya pengunjung, panitia menyiagakan petugas satu orang per 100 meter di tepi pantai untuk memastikan keamanan pengunjung.

"Kita juga akan menindak tegas oknum yang pungutan liar. Kita bersama TNI Polri akan mengawal pesta pantai ini," tegasnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Afrizal mengatakan pesta pantai itu juga akan menampilkan kesenian kebudayaan yang ada selain hiburan lainnya.

Ia menyebutkan pesta pantai akan menambah nilai ekonomi masyarakat lokal terutama bagi pelaku UMKM.

Untuk harga tiket masuk untuk pengunjung anak-anak Rp 5.000 sementara untuk pengunjung dewasa Rp 10.000.

Ia juga menegaskan bahwa bagi pengunjung yang datang ke Pantai Sasak tersebut telah tersedia tempat parkir yang tidak dipungut biaya.

Selain itu demi suksesnya acara tersebut, Afrizal mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan dan keindahan Pantai Sasak.