ISMAFARSI Sosialisasikan Pemakaian Obat kepada Anak-Anak Panti

id ISMAFARSI, Pemakaian Obat

Padang, (AntaraSumbar) - Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) Kota Padang menyosialisasikan pemakaian obat kepada puluhan anak-anak binaan Panti Asuhan Al Ihsan di Kota Padang.

"Kegiatannya kami laksanakan pada 2 hingga 6 Maret 2016, dengan kegiatan itu kami harapkan anak-anak binaan Panti Asuhan Al Ihsan mengetahui tata cara mengkonsumsi obat dengan baik sedini mungkin," kata anggota ISMAFARSI Kota Padang, Desty Karmila Sari di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan banyak kerugian yang akan dialami oleh seseorang apabila mengkonsumsi obat tidak sesuai dengan resep dokter bahkan yang bersangkutan bisa meninggal dunia.

Selain menyosialisasikan penggunaan obat, ISMAFARSI Padang juga memberikan pemahaman kepada anak-anak panti itu seputar kegiatan yang dilakukan oleh seorang apoteker.

"Banyak masyarakat yang belum mengenal profesi apoteker. Untuk itu kami mencoba menginformasikan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh seorang apoteker kepada mereka," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan pengenalan profesi apoteker itu dilakukan mulai dari peracikan obat hingga pelayanan kepada masyarakat yang akan membeli obat.

Pembina panti asuhan Asuhan Al Ihsan Marni Ta'at mengatakan pihaknya mendukung kegiatan ISMAFARSI Padang dan menurutnya kegiatan itu akan akan bermanfaat bagi anak-anak panti dibawah binaannya.

"Sangat baik apalagi sosialisasi penggunaan obat, karena banyak yang over dosis bahkan sampai meninggal dunia akibat tidak memperhatikan tata cara penggunaan obat," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan positif ini diharapkan tidak hanya dilakukan di lingkungan panti namun juga dilingkungan masyarakat lain karena banyak diantara masyarakat yang mengabaikan hal penting seperti aturan dalam penggunaan obat.

Kegiatan ISMAFARSI Kota Padang ini dilaksanakan oleh mahasiswa dari tiga kampus diantaranya Universitas Andalas, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Yayasan Perintis Padang dan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Padang. (cpw)