Humas akan Giring Pemberitaan Unand Jadi Inovatif

id Unand, Pemberitaan, Inovatif

Humas akan Giring Pemberitaan Unand Jadi Inovatif

Unand.

Padang, (AntaraSumbar) - Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Universitas Andalas (Unand) Padang Eriyanty mengatakan bahwa pihaknya mulai 2016 akan menggiring pemberitaan pada media tentang Unand dari yang biasa saja menjadi lebih inovatif.

"Selama ini pemberitaan tentang Unand di media cetak dan elektronik cenderung seremonial atau acara, ke depan kami akan mempertegas khasanah intelektualitasannya," katanya di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan upaya awal agar berita lebih inovatif yakni memperkuat sumber awal berita Unand yakni Situs resminya.

Menurutnya humas sebagai pengisi berita dan informasi utama di situs tersebut akan mengubah cara dalam penyajian berita.

"Bila selama ini pemberitaan terfokus pada acara atau tokoh yang hadir, ke depan akan diupayakan isi atau makna yang dibahas dalam kegiatan tersebut," imbuhnya.

Ia mencontohkan semisal seminar atau kuliah umum dalam pengambilan sudut pandang akan terfokus pada pesan yang tersebut di dalamnya, inilah yang menjadi sajian utama di situs nantinya.

Selain itu juga memperkuat pemberitaan terkait temuan dari penelitian dosen dan mahasiswa juga akan menjadi prioritas humas tahun ini.

"Setelah kuat isi di pemberitaan humas barulah dibagi pada media di luar," katanya.

Mungkin saja bila pimpinan menyetujui, katanya, pihaknya akan "menshare" berita tersebut ke beberapa media yang telah lama jadi mitra Unand. Tayang atau tidaknya berita tersebut akan bergantung pada penerimaan media bersangkutan, katanya.

"Tujuan utama menjadikan berita inovatif ini untuk mengamankan institusi dari pemberitaan yang bertanggung jawab sekaligus meningkatkan kualitas pemberitaan Unand," ucapnya.

Sementara itu salah satu jurnalis harian di Padang, Mulharman mengharapkan agar dalam pembagian Informasi Unand selalu menjunjung tinggi keterbukaan dan kejujuran.

Menurutnya berita mengenai Unand diharapkan nantinya tidak terlalu dilebihkan dan apa adanya sesuai kenyataan, ujarnya. (*)