Perbakin Agam Latih Pelajar Olahraga Menembak

id Perbakin Agam

Lubukbasung, (Antara ) - Persatuan menembak dan berburu Indonesia (Perbakin) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan pelatihan menembak bagi para pelajar daerah itu, sebagai upaya mendorong lahirnya atlet olahraga menembak.

Pelatih menembak Perbakin Kabupaten Agam, Zul Akmal di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan pelatihan menembak ini dilakukan setiap Sabtu dan Minggu di lapangan menembak Polres Agam.

"Kita memberikan materi tentang teknik menembak dan mendorong para pelajar untuk rajin berlatih," kata Zul Akmal.

Saat ini jumlah pelajar yang ikut latihan sebanyak 21 orang yang berasal dari SMAN 1 Lubukbasung sebanyak lima orang, SMAN 2 Lubukbasung lima orang.

Kemudian dari SMKN 2 Lubukbasung empat orang, dan SMPN 5 Lubukbasung delapan orang.

Para peserta ini merupakan utusan dari sekolah yang ada di Kabupaten Agam, setelah Perbakin mengajukan surat kepada sekolah itu untuk mengirim siswanya untuk dilatih di lapangan menembak Polres Agam.

"Ke 21 siswa yang ikut latihan merupakan hari pertama, dan kumungkinan pada hari berikutnya jumlah mereka akan lebih banyak," kata Zul Akmal.

Ia berharap akan banyak lahir atlet menembak yang berprestasi di Kabupaten Agam, sehingga akan mengharumkan sekolah mereka dan Kabupaten Agam.

Sementara itu, Sekretaris Perbakin Kabupaten Agam, Irwandi menambahkan latihan menembak yang diberikan kepada para pelajar ini bertujuan mencari atlet menembak yang berbakat dalam menghadapi lomba menembak Kapolda Cup II pada 2015 dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar XIV di Kota Padang 2016.

"Dengan pembinaan dan pelatihan ini, mereka yang memiliki prestasi akan kita kirim pada Kapolda Cup dan Poprov Sumbar," katanya.

Pada lomba menembak Kapolda Cup I, Kabupaten Agam berhasil meraih juara umum dengan meraih tiga medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu.

Sementara saat Poprov Sumbar XIII di Kabupaten Dharmasraya pada 2014, Perbakin Kabupaten Agam meraih satu medali emas dan dua medali perunggu. (*)