Wako Padang Terpilih Ketua Apeksi Komwil I

id Padang Muskomwil

Wako Padang Terpilih Ketua Apeksi Komwil I

Mahyeldi Ansharullah

Padang, (Antara) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2015-2018.

Mahyeldi terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Komisariat Wilayah Apeksi yang dilaksanakan di Kota Padang, Jumat (24/4).

Dia meminta seluruh kota di Komwil I untuk saling bersinergi dalam mengembangkan potensi daerah masing-masing, sehingga terwujud percepatan pengembangan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat.

"Kita yakin bila semua potensi disinergikan akan menjadi sebuah kekuatan besar untuk pembangunan," kata dia.

Selain Mahyeldi, Wali Kota Pekanbaru Firdaus sebagai Wakil Ketua I dan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal menjadi Wakil Ketua II.

Kemudian Asisten I Sekdako Padag Wedistar sebagai Sekretaris dan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Padang Syahrul selaku bendahara.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Apeksi Sarimun Hadisaputro mengatakan, Komwil I merupakan kawasan strategis yang akan menunjang potensi besar Sumatera.

Untuk itu, perlu kerja sama yang baik antar-kota agar tercapainya tujuan untuk mempercepat kemajuan perekonomian.

"Kita berharap rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan menjadi suatu kebijakan strategis yang mendorong kemajuan di kawasan Sumatera, khususnya di Komwil I," kata dia.

Sebelumnya, dalam pelaksanaan Muskomwil di Padang menghasilkan beberapa rekomendasi, di antaranya mengusulkan peningkatan kerja sama antar-daerah dalam penanganan bencana dan pasca-bencana, pengembangan kawasan, serta pengelolaan sampah.

Selanjutnya penataan pasar tradisional, pengentasan kemiskinan, serta mendorong pemerintah kota untuk melaksanakan Undang-Undang Aparatus Sipil Negara (ASN) dengan memperhatikan kondisi aparatur di daerah.

Rekomendasi-rekomendasi tersebut akan dibawa ke Musyawarah Nasional (Munas) Apeksi di Ambon bulan Mei 2015. (*)