Sawahlunto Siapkan Tiga Program Kerjasama dengan Yogyakarta

id Sawahlunto pendidikan

Sawahlunto, (Antara) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora ) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan tiga program untuk menindaklanjuti kerja sama bidang pendidikan antara pemerintah kota itu dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Kepala Dispora setempat, Marwan di Sawahlunto, Rabu, mengatakan ketiga program tersebut yakni pertukaran pelajar, program magang guru dan kepala sekolah, serta program penulisan karya ilmiah bagi guru.

"Program kerja sama tersebut saat ini dalam proses persiapan dan segera dilaksanakan dalam waktu dekat, kata dia.

Dia mengatakan, kerja sama pembangunan yang ditandatangani oleh Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf tersebut juga akan memberikan dampak terhadap bidang pariwisata kota itu sebagai kota wisata tambang yang berbudaya.

Menurut dia, khusus untuk program penulisan karya ilmiah cukup memberikan andil besar bagi jenjang karir guru, pengawas dan kepala sekolah.

"Karena menjadi persyaratan mutlak dalam kenaikan pangkat mereka nantinya," ujar dia.

Jika sebelumnya karya ilmiah hanya disyaratkan untuk kenaikan pangkat guru IVA ke IVB, lanjutnya, saat ini syarat penulisan karya ilmiah berlaku untuk kenaikan pangkat mulai III B ke atas.

Bagi pengawas, jelasnya, tenggat waktu pelaksanaan program tersebut pada 2016.

"Apabila belum bisa memenuhi penulisan karya ilmiah dalam waktu 4,5 tahun, selain tidak naik pangkat, juga akan diberhentikan sementara dari jabatannya," kata dia.

Lalu, apabila dalam waktu satu tahun berikutnya masih belum terpenuhi, maka pengawas tersebut akan dikembalikan penugasannya sebagai guru.

Sementara untuk guru, masih menunggu kepastian aturan terkait jadwal tenggat waktunya, dan dipastikan akan menyusul dalam waktu dekat.

Kami memandang penulisan karya ilmiah merupakan upaya memotivasi guru untuk terus belajar dan mendalami ilmu yang telah dimiliki," kata dia. (*)