Kemen LHK Apresiasi Pemprov Sumbar Terapkan Adiwiyata

id Adiwiyata

Kemen LHK Apresiasi Pemprov Sumbar Terapkan Adiwiyata

Penghargaan Adiwiyata.

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam mendorong sekolah agar menerapkan program Adiwiyata.

"Dari tahun ke tahun sekolah di Sumbar semakin banyak yang mengikuti dan meraih pemghargaan Adiwiyata, mulai dari tingkat kabupaten dan kota hingga nasional serta mandiri," kata Kepala Sub Bidang Pendidikan Formal Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (Puslatmas & PGL), Windarti di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal tersebut pada kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas tim pembina dan penilai Adiwiyata provinsi serta kabupaten dan kota se-Sumbar.

Awal dimulainya Adiwiyata tingkat provinsi pada 2010. Yang mengikuti dan meraih penghargaan adiwiyata hanya lima sampai 10 sekolah dan sekarang sudah mencapai 50 hingga 60 sekolah.

Hal ini, lanjutnya tidak terlepas dari komitmen kepala daerah mulai dari gubernur, bupati dan wali kota untuk mendorong sekolah-sekolah agar menerapkan program adiwiyata.

Jika kepala daerah sudah berkomitmen, tambah dia maka seluruh elemen di bawahnya akan mengikuti dan melaksanakannya dengan baik. Sumbar merupakan salah satu daerah yang dinilai komitmen dalam penerapannya, ujarnya.

Selain itu, menurutnya penghargaan Adiwiyata yang diselenggarakan setiap tahun dengan berbagai tingkatan, bukanlah sebuah perlombaan yang hanya dipersiapkan ketika penilaian akan dilaksanakan.

"Penerapan Adiwiyata ini tidak instan dan butuh waktu bertahun-tahun sehingga dibutuhkan komitmen dan kesabaran dari seluruh pihak terkait untuk benar-benar serius membudayakan pelestarian lingkungan hidup," jelasnya.

Penghargaan Adiwiyata, menurutnya merupakan penerapan dari pelestarian lingkungan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi budaya untuk menjaga dan melestarikan alam oleh guru dan siswa.

Setelah adanya budaya cinta lingkungan tersebut, tambahnya sekolah bisa dengan percaya diri mengikuti seleksi sekolah adiwiyata mulai dari tingkat kabupaten dan kota hingga nasional.

Jenjang bergengsi untuk penghargaan sekolah Adiwiyata, katanya yaitu penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri. (*)