"Home Stay" Pun Dilombakan Hingga Nasional

id penginapan

"Home Stay" Pun Dilombakan Hingga Nasional

ilustrasi wisata menginap (Ist )

Bantul, (Antara Sumbar) - Tiga 'homestay' atau rumah menginap di desa wisata wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, maju untuk mengikuti penilaian tingkat nasional pada pertengahan September 2017.

"Kalau tidak salah pada 14 September 2017 ada penilaian homestay tingkat nasional, ada tiga homestay di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang akan dinilai," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Minggu.

Ia mengatakan tidak hafal nama tiga homestay atau rumah warga yang disiapkan untuk wisatawan menginap di wilayah Desa Wisata Mangunan Bantul itu, namun ketiganya punya kriteria tersendiri untuk diajukan pada penilaian tingkat nasional.

Ia mengatakan, penilaian tingkat nasional kategori desa wisata dari Bantul juga pernah diikutkan, yaitu Desa Wisata Wukirsari Imogiri yang merupakan desa wisata batik tulis, yang dinilai dari segi kelompok sadar wisata (pokdarwis)-nya.

"Yang kemarin itu Desa Wisata Wukisrasi yang dinilai pokdarwisnya, sehingga yang besok homestay. Jadi di DIY itu ada lima home stay yang dinilai tim nasional, tiga dari Bantul," katanya.

Ia berharap dengan adanya penilaian tingkat nasional, tiga homestay di Bantul masuk tiga besar nasional dan kemudian bisa mengikuti penilaian tingkat regional, seperti homestay di Tembi Sewon yang pernah meraih penghargaan.

"Mudah-mudahan homestay di Mangunan nanti bisa maju tingkat regional syukur-syukur ketiganya bisa masuk tiga besar atau salah satu, sehingga mudah-mudahan ada yang mewakili tingkat regional di ASEAN," katanya.

Menurut dia, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian tim nasional, misalnya pengelolaan homestay, bagaimana pelayanan kepada tamu wisatawan menginap agar memberikan rasa nyaman juga sisi keamanan serta keindahan lingkungan.

"Prinsipnya dari tata pengelolaan homestay itu dari aspek kepariwisataan, paling tidak sapta pesonanya juga menjadi salah satu ukuran. Jadi homestay yang bagaimana pelayanan ramah, tempatnya bersih juga dari sisi keamanan," katanya. (*)