Penginapan di Pariaman sempat penuh dampak kegiatan sepeda rekreasi

id Penginapan di Pariaman, sempat penuh, dampak kegiatan, sepeda rekreasi

Penginapan di Pariaman sempat penuh dampak kegiatan sepeda rekreasi

Ribuan pesepeda bersiap dimulainya Sunua Raya Bike Club Baralek Gadang di Nagari Sunue Tengah, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Penginapan di Kota Pariaman, Sumatera Barat dilaporkan penuh pada Minggu (20/1) malam karena banyaknya pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti sepeda rekreasi Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang di Nagari Sunue Tengah, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman.

"Laporan dari panitia pelaksana banyak peserta menginap di Pariaman bahkan penginapan di Pariaman penuh. Namun kami sekarang sedang mengumpulkan data peningkatan hunian tersebut," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman, Minggu.

Menurutnya, penuhnya penginapan di Pariaman karena lokasi start dan finis kegiatan olahraga itu dilaksanakan tidak ada penginapan namun dekat dengan Pariaman.

Oleh karena itu, saat koordinasi kegiatan, panitia meminta data penginapan di Pariaman kepada Disparbud Pariaman sebagai lokasi peserta menginap.

Ia menyebutkan, setidaknya daerah itu memiliki puluhan penginapan yang sering dipenuhi oleh wisatawan saat pelaksanaan kegiatan pariwisata dan olahraga.

"Kegiatan sepeda ini tentu berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di Pariaman, khususnya pelaku usaha penginapan," ujarnya.

Ia berharap, Pariaman terus menjadi lokasi kegiatan oleh wisatawan sehingga konsep pariwisata yang dikembangkan daerah berdampak ekonomi bagi masyarakat setempat.

Sebelumnya, ribuan pesepada dari ratusan komunitas yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) Riau, Jambi, dan Sumatera Utara mengikuti sepeda santai Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang di Nagari Sunue Tengah, Kecamatan Nan Sabaris dengan menyusuri ruas jalan di kecamatan itu dan Kota Pariaman.

"Kegiatan ini kami laksanakan secara swadaya dengan jumlah peserta sekitar dua ribu pesepeda yang berasal dari berbagai daerah," kata Ketua Pelaksana Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang Zainal di Nan Sabaris.

Ia mengatakan, panjang jalur yang dilintasi oleh pesepeda pada kegiatan tersebut sekitar 40 kilometer dengan menyusuri sejumlah jalan di Kecamatan Nan Sabaris dan jalan objek wisata pantai di Kota Pariaman.

Ia menyampaikan, kegiatan tersebut tidak saja untuk mengenalkan daerah kepada masyarakat luas namun juga untuk peningkatan ekonomi pelaku usaha kecil menengah di Padang Pariaman dan promosi pariwisata di Pariaman.